MotoGP Akan Gunakan Sistem Degradasi dan Transfer Seperti Sepak Bola?

MotoGP Akan Gunakan Sistem Degradasi dan Transfer Seperti Sepak Bola? MotoGP Qatar 2023.
Senin, 27 November 2023 14:07
Gemilang Isromi Nuar

OTORIDER - Dalam suatu liga sepak bola terdapat kebijakan degradasi. Kebijakan ini secara sederhana adalah pemindahan satu atau lebih klub peringkat terburuk dari suatu divisi ke divisi yang lebih rendah pada akhir musim kompetisi, begitu juga sebaliknya.

Sedangkan di MotoGP tidak, pembalap yang berada di posisi paling bawah belum tentu terdepak dari tim. Misalnya, Fabio Di Giannantonio dari Gresini Racing. Musim depan dia dipastikan kehilangan kursi di tim tersebut. Sampai saat ini, nasibnya belum jelas. Padahal, secara klasemen dia bertengger di posisi 15 besar.

Kepala kru Gresini, Frankie Carchedi mengatakan posisi Di Giannantonio membuatnya tampak tidak adil. Sebetulnya, MotoGP bisa membuat aturan seperti di sepak bola, yaitu pembalap terburuk bisa terlempar dari MotoGP dan digantikan pembalap terbaik dari Moto2.

"Ada banyak politik. Anda hanya perlu melihat bagaimana perkembangannya saat ini dia pantas untuk bertahan. Saya cukup kuat dalam hal ini dalam olahraga lain, seperti sepak bola, Anda akan mengalami degradasi jika Anda berada di bawah dan promosi jika Anda berada di puncak," ujar Carchedi dikutip dari Crash, Kamis (23/11).

Di sisi lain, mantan pembalap kelas 250cc dan MotoGP, Sylvain Guintoli juga mengatakan MotoGP harus menerapkan 'jendela transfer' seperti sepak bola agar para pembalap tak sembarangan digaet atau didepak.

"Saya pikir itu adalah ide yang sangat menarik. Terkadang kontrak ditandatangani setahun sebelumnya. Ini bisa menjadi sesuatu yang perlu dipikirkan di masa depan," papar Guintoli.

Ia menambahkan, pembalap biasanya menandatangani kontrak maksimal dua tahun, tetapi Di Giannantonio berada di bulan-bulan terakhir kontraknya di Gresini sehingga ia mudah untuk dibuang. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.