Ingin Adakan Event Otomotif Dunia, PIK 2 Akan Dibangun Sirkuit?

Ingin Adakan Event Otomotif Dunia, PIK 2 Akan Dibangun Sirkuit? Ilustrasi sirkuit balap.
Minggu, 26 Mei 2024 11:00
Gemilang Isromi Nuar

OTORIDER - Penetapan Pantai Indah Kapuk (PIK) 2 sebagai Proyek Strategis Nasional oleh Presiden Joko Widodo, membuat pengembang merencanakan sejumlah rencana proyek. Salah satunya menyiapkan lahan untuk membangun Street Circuit.

Rencana ini disampaikan langsung oleh Director Commercial Convention & Exhibition Agung Sedayu Group, Ryan Adrian. Street Circuit tersebut kabarnya akan disesuaikan dengan konsep kawasan bisnis dan hiburan yang ada di wilayah PIK 2.

"Kami melihat antusias olah raga otomotif di banyak negara besar, baik itu mobil atau motor, memang sangat meningkat. Terlebih dari sisi bisnisnya juga cukup menjanjikan," papar Ryan saat acara Drag Race Harley-Davidson di PIK 2 beberapa waktu lalu.

Ia juga ingin memastikan konten atau event dunianya terlebih dahulu, sebelum membangun sirkuit ini. Minimal jumlah seri event dunia yang digelar di sana ada 4 kali. "Kalau kami, tentu juga melihat dari perspektif lain yaitu sisi bisnisnya. Karena area ini kan kawasan wisata dan bisnis. Kalau event internasional minimal ada 4 kali, tentu event lokal juga akan otomatis ikut meramaikan," ujar Ryan.

Street Circuit ini nantinya direncanakan seperti di Singapura, Monako, dan Saudi Arabia, yang mana bisa digunakan untuk balapan dan jalan umum dengan standar terbaik.

"Kami tak tertarik membangun sirkuit permanen seperti Mandalika. Toh sudah ada Sentul International Circuit yang juga sedang dalam tahap pengaspalan ulang. Sementara konsep yang ingin kami bangun adalah konsep integrasi dengan kawasan bisnis. Sehingga memang tidak cocok dengan konsep yang ingin kami capai," papar Ryan.

Sebelumnya, sirkuit jenis ini juga pernah ada di Indonesia tepatnya di kawasan Lippo Karawaci. Namun, hanya bertahan dua tahun dan setelah itu tak pernah lagi dipakai. Hal itu dikarenakan adanya protes dari orang-orang yang tinggal di wilayah sekitar. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.