Resmi! Pemilik Formula 1 Ambil Alih Ajang Balap MotoGP

Resmi! Pemilik Formula 1 Ambil Alih Ajang Balap MotoGP Balap MotoGP.
Selasa, 2 April 2024 12:45
Gemilang Isromi Nuar

OTORIDER - Perusahaan pemilik Formula One (F1), Liberty Media telah mengumumkan pengambilalihan perusahaan induk MotoGP dari Dorna Sport mulai Senin, 1 April 2024. Nilai kesepakatannya mencapai 4,2 miliar euro atau setara lebih dari Rp 72 triliun.

"Kami sangat senang dapat memperluas portofolio aset olahraga dan hiburan terkemuka kami dengan mengakuisisi MotoGP. Ajang ini merupakan liga global dengan penggemar yang loyal dan antusias, balapan menawan dan aliran kas yang tinggi," kata Presiden dan CEO Liberty Media, Greg Maffei, mengutip laman resmi MotoGP pada Senin (1/4).

Meskipun dibeli, campur tangan Dorna masih ada untuk MotoGP. Mereka mempertahankan sekitar 14 persen ekuitasnya. Dorna akan tetap menjadi perusahaan independen yang dikaitkan dengan grup Formula Satu Liberty Media, dan terus berbasis di Madrid, Spanyol dengan CEO Dorna yang sudah lama menjabat.

"Ini adalah langkah sempurna berikutnya dalam evolusi MotoGP. Kami sangat antusias dengan pencapaian ini bagi Dorna, paddock MotoGP, dan penggemar balap," kata CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta.

Tidak hanya itu, Dorna juga masih akan memegang hak eksklusif atas seri balap motor lainnya, termasuk seri feeder MotoGP, Moto2, dan Moto3.

"Liberty memiliki rekam jejak yang luar biasa dalam mengembangkan aset olahraga dan kami sangat mengharapkan mitra yang lebih baik untuk memperluas basis penggemar MotoGP di seluruh dunia," ujar Carmelo.

Nantinya, proses perpindahan tangan ini diharapkan selesai pada akhir 2024, di mana masih harus menunggu izin dan persetujuan dari otoritas hukum persaingan usaha dan penanaman modal asing di berbagai yurisdiksi. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.