Begini Proses Panjang Pembuatan Pelek Aftermarket Berstandar SNI

Begini Proses Panjang Pembuatan Pelek Aftermarket Berstandar SNI
Selasa, 8 Desember 2015 09:00
Ilham Pratama

Untuk membuktikan kualitas produk aftermarketnya berkualitas SNI, Inti Jaya Motor sebagai distributor pelek Chemco mengajak media, termasuk OTORIDER.COM bertandang ke pabrik pelek yang berlokasi di Karawang kemarin (3/12).

Di sesi kunjungan tersebut, kami melihat secara langsung rangkaian proses panjang pembuatan pelek Chemco, mulai dari bentuk bahan baku almunium hingga pengemasan. Seperti apa?

Mulai dari bahan baku almunium bertipe A356 yang didatangkan dari Australia (Gbr.1) dilebur dengan tungku khusus hingga cair (Gbr.2). Setelah cair, almunium melewati proses degasing untuk menghilangkan gelembung gas dan kotoran-kotoran selama proses pencairan.

Setelah bersih, cetak pelek dengan alat Low Pressure Die Casting (Gbr.3). Salah satu dicetak, ada sampling untuk mengecek dengan sistem sinar-x tiap shift. Total ada tiga shift setiap harinya.

Jika lolos, masuk tahap heat treatment untuk pengerasan material (Gbr.4). Caranya dengan pelek dipanaskan selama 5 jam dengan suhu 530 derajat celcius, lalu dikejutkan dengan pencelupan ke air. Tujuannya agar mikro struktur menjadi lebih bagus.

Masuk ke tahap berikutnya, ada sand blasting dengan bahan stainless steel untuk memperbaiki visual. Sehingga tak diperlukan dempul untuk meratakan permukaannya.

Selanjutnya, masuk ke tahap machining (Gbr.5) untuk penghalusan dan pembentukan pelek menggunakan mesin CNC. Selepas dihaluskan, masuk ke tahap leak test, atau tes kebocoran sebelum kemudian masuk tahap akhir, yakni painting dan packing.

Galleri foto Begini Proses Panjang Pembuatan Pelek Aftermarket Berstandar SNI Galleri foto Begini Proses Panjang Pembuatan Pelek Aftermarket Berstandar SNI Galleri foto Begini Proses Panjang Pembuatan Pelek Aftermarket Berstandar SNI Galleri foto Begini Proses Panjang Pembuatan Pelek Aftermarket Berstandar SNI Galleri foto Begini Proses Panjang Pembuatan Pelek Aftermarket Berstandar SNI Galleri foto Begini Proses Panjang Pembuatan Pelek Aftermarket Berstandar SNI Galleri foto Begini Proses Panjang Pembuatan Pelek Aftermarket Berstandar SNI
Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.