Tips Pilih Helm Yang Aman Dan Nyaman Ala Cargloss

Tips Pilih Helm Yang Aman Dan Nyaman Ala Cargloss
Jumat, 25 Desember 2015 16:45
Bramantia Tamtama

Helm merupakan sebuah perlengkapan yang penting. Selain berfungsi sebagai pelindung kepala dari benturan langsung, helm juga bisa membantu mendongkrak penampilan bagi yang memakainya. Jadi bisa tampil oke saat berkendara.

Karena unsur keamanan dijadikan hal utama, bahan dasar yang dipilih pun harus kuat dari benturan. Seperti kevlar atau serat resin. Tambah lagi, di Indonesia sejak 1992 silam sudah ada Undang-Undang Lalu Lintas No.14 yang menetapkan helm sebagai perlengkapan wajib bagi pengendara roda dua.  

Nah, agar saat dikenakan helm tetap nyaman, ada baiknya saat memilih dengan telitl sebelum membelinya.

Simak sedikit tips dari Frans Lee, distributor helm merek Arai di Indonesia yang digawangi oleh Cargloss Proriders.:

1.      Pastikan memilih helm yang sesuai dengan ukuran kepala, tidak terlalu sempit atau terlalu longgar. Bila ukuran helm terlalu sempit, kepala akan sakit di beberapa bagian sehingga jadi kurang nyaman. Apabila terlalu longgar, helm akan bergerak saat tertiup angin. Selain itu berbahaya karena potensi terlepas saat terjadi benturan.

2.      Pilihlah helm yang bahan shell-nya (batoknya) keras/tidak lentur, bahan keras pada luar helm sangat penting untuk perlindungan maksimal.

3.      Pilihlah helm yang melindungi seluruh bagian tempurung kepala, pilihlah helm fullface atau setidaknya openface atau halfface karena tipe helm ini dianggap paling maksimal melindungi kepala anda saat berkendara.

4.    Pilihlah helm dengan bagian dalam / inner yang lembut, pilihlah bahan dari kain yang sangat lembut dengan kemampuan maksimal untuk menyerap keringat. Bahan yang lembut akan membuat anda menjadi lebih nyaman memakai helm walaupun dalam waktu yang lama serta mudah di cuci.

5.      Pilihlah helm dengan lapisan pengaman dalam  yang tebal, hal ini untuk mengimbangi bagian luar helm yang keras, bagian dalam yang tebal dapat meredam benturan dengan benda keras lain yang mungkin saja terjadi.

6.     Pilihlah helm dengan tali pengikat yang kuat, tali pengikat yang kuat sangat penting agar helm tidak mudah terlepas dari kepala pada saat  pengendara terjatuh ataupun terjadi benturan.

7.      Pilihlah helm yang sudah memenuhi standard uji yang ditentukan. Helm yang sudah memenuhi standard keamanan berarti sudah melewati proses pengetesan, sehingga anda akan merasa lebih aman menggunakan helm  tersebut.

“Seringkali orang tidak melihat helm sebagai alat pelindung yang penting, dan itu merupakan suatu kesalahan,” kata tambah Frans. (otorider.com)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.