Vespa Primavera Kencang Makin Oke Pakai Oil Cooler

Vespa Primavera Kencang Makin Oke Pakai Oil Cooler
Senin, 28 Desember 2015 09:45
Danu P Dirgantoro

Vespa Primavera tak jarang ditemui dalam kondisi sudah dimodifikasi. Modifikasinya pun beragam, mulai sekedar aliran fashion yang kece sampai peningkatan performa mesin yang powerfull.

Khusus bagi Primavera yang sudah dilakukan peningkatan performa, tentu akan terjadi peningkatan panas pula di dapur pacunya. Maka ada baiknya pasang perangkat pendingin seperti oil cooler. Seperti yang terpasang di Primavera milik Kutu Racing Team berikut.

Satu-satunya Primavera yang pakai oil cooler di Scooter Prix 2015

Walau memang Primavera ini khusus untuk keperluan balap tapi bisa jadi inspirasi bagi riders yang mau ikutan aplikasi di Primavera yang mesinnya sudah korek harian. “Intinya kami pasang pendingin oli karena adanya peningkatan panas di mesin yang berlebih. Ini akibat performa mesin yang sudah meningkat,” ujar Indra, Mekanik Senior Kutu Racing Team.

“Baru di seri final saya aplikasi perangkat pendingin ini dan hasilnya catatan waktu lebih bagus! Karena secara logika kalo olinya kerja di suhu ideal tentu komponen lainnya juga akan bagus suhunya,” jelas Indra.

Untuk pendingin oli yang terpasang di Primavera lansiran 2012 tersebut, Indra mengambil dari punya moge. Sayang ia lupa dari jenis moge apa. “Yang jelas oil cooler ini kapasitasnya 800 ml. Sebelum pakai oil cooler, kapasitas oli mesin 1,2 liter. Sekarang sudah pakai jadi total oli 2 liter,” ungkap mekanik ramah ini. Indra menyebut bahwa semakin banyak oli maka pendinginan akan lebih maksimal. Maka ia pilih oil cooler gambot tersebut.

“Kalo pakai dari Suzuki Satria-F 150 terlalu kecil oil coolernya,” jelas Indra. “Riset oil cooler ini sebenarnya belum selesai. Kita mau tambahkan kipas pendingin di oil cooler,” tukasnya.

Untuk pemasangannya Indra menyebut melakukan by pass jalur oli di head silinder ke selang oil cooler. Selangnya sendiri dipilih dari kepunyaan mobil dengan spesifikasi 3265 Psi.

Bagaimana, Terinspirasi? (otorider.com)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.