Awas, Ini Bahaya Asal Isi Bagasi Motor Tambahan, Perhatikan Bobotnya!

Awas, Ini Bahaya Asal Isi Bagasi Motor Tambahan, Perhatikan Bobotnya!
Kamis, 30 Juni 2016 11:15
Ilham Pratama

Libur Lebaran tahun ini bisa diisi dengan berbagai kegiatan. Misalnya, turing keluar kota atau bersilaturahmi dengan keluarga. Jika turing jadi pilihan Anda, bagasi tambahan seperti top box mungkin jadi peranti penting.

Namun, masih banyak yang salah kaprah dengan menjejali bagasi tambahan dengan banyak barang yang melebihi daya angkutnya. Padahal ini berbahaya dan bisa membuat perjalanan Anda tak lagi menyenangkan.

"Ada batasan bobot bagasi tambahan. Idealnya 5-8 kg, tergantung dimensi volume box. Efek sampingnya juga sangat banyak," buka Benny Rachmawan dari Research & Development Mitra 2000, distributor komponen merek TDR, Shad dan YSS.

Salah satunya, saat motor terkena jalan berlubang, efeknya mirip jungkat jungkit sehingga bisa mempengaruhi handling.

Bahkan selain handling, beban yang terlalu berat juga mempengaruhi kekuatan suspensi. Saat redaman suspensi sudah mentok, yang langsung terasa adalah tulang ekor yang tersiksa. Ini sangat berbahaya, apalagi kalau ada saraf terjepit, bisa sampai dioperasi. Pun demikian saat kondisi ban yang kurang angin. Bisa tiba-tiba ban bocor saat perjalanan.

Selain itu, juga mempengaruhi tolenransi kekuatan baut braket box di motor. "Yang ditakutkan kekuatan dudukan braket bisa tiba-tiba copot di jalan. Ini berbahaya bagi diri sendiri dan pengendara lain," pungkasnya. (otorider.com)

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.