Pasang Klakson Telolet di Motor, Bisa Jadi Sumber Masalah Kelistrikan Lho

Pasang Klakson Telolet di Motor, Bisa Jadi Sumber Masalah Kelistrikan Lho
Jumat, 23 Desember 2016 09:30
Ilham Pratama

Saat ini klakson telolet tengah menjadi viral di dunia karena diikuti oleh artis-artis mancanegara. Nah, mungkin Anda berminat untuk ikut tren kekinian dengan pasang klakson tersebut di motor. Tapi, jangan salah, ternyata ada konsekuensinya lho.

Paling utama adalah masalah kelistrikan. Karena penggunaan klakson telolet menyedot daya lebih besar dari klakson standar. Sehingga pemakaiannya membuat usia aki lebih cepat soak.

"Penggunaan klakson aftermarket akan menyedot daya lebih besar, ini berpengaruh pada usia pakai aki yang lebih cepat. Apalagi jika pakai motor injeksi dan kondisi pengisiannya tidak lagi baik, malah bisa merembet ke masalah yang lain," urai Dwi Sulistyo Hartono, Kepala Mekanik TDR Technology Center.

Maklum, setrum dari aki memang sangat dibutuhkan oleh sensor-sensor di motor injeksi. Sehingga, jika ada salah satu sensor yang tak dapat daya listrik yang cukup bisa berefek hingga pada turunnya tenaga mesin.

Lebih lanjut, M. Abidin, GM Motorsport & Aftersales PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menyatakan jika garansi kelistrikan akan gugur jika menggunakan aksesori di luar standar.

"Garansi pasti gugur dan yang berbahaya jika instalasinya asal-asalan. Justru bisa mengganggu kinerja sistem yang lain, terutama di motor injeks," ucapnya yang mengaku pernah mendapat pengalaman unik mengenai klakson aftermarket.

"Seorang konsumen NMax terus menerus komplain mengenai masalah di sensor rem ABS-nya.Setelah diperiksa, ternyata sudah memakai klakson yang menyedot daya besar, sehingga mengganggu kerja ABS," tutupnya. (otorider.com)

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.