Salah Kaprah Bersihkan Rantai Pakai Bensin, Banyak Ruginya

Salah Kaprah Bersihkan Rantai Pakai Bensin, Banyak Ruginya
Selasa, 4 Oktober 2016 13:05
Ilham Pratama

Jaman dulu, banyak mekanik yang memanfaatkan bensin sebagai pembersih rantai. Memang, sepintas rantai menjadi terlihat lebih mengilap dan bebas kotoran setelah dicuci dengan bensin.

Padahal, efek yang ditimbulkan karena membersihkan rantai dengan bensin justru mendatangkan lebih banyak kerugian.

Seperti dikatakan Ronny Chandra, Head-Spareparts Dept. Domestic Marketing Division PT Astra Otoparts. "Salah kalau cara membersihkan rantai dengan bensin. Ini justru merugikan. Karena lapisan grease (gemuk) pada rantai larut terbuang bensin," ucapnya.

Nah, dengan terbuangnya lapisan gemuk, maka gesekan rantai akan lebih besar. Sehingga timbul bunyi kasar dan usia pakai makin singkat. Pembersihan memakai bensin juga menjadi rawan karat.

Selain itu, sambungan rantai akan mengalami kaku dan tak lentur. "Hasilnya, rantai bisa copot dan kerja mesin lebih berat," paparnya sembari menyatakan jika sebaiknya rantai dibersihkan dengan cairan chain lube yang kini mudah ditemukan di pasaran.  (otorider.com)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.