Yuk Bikin Standar Samping Lebar, Bebas Parkir Motor di Tanah Lunak

Yuk Bikin Standar Samping Lebar, Bebas Parkir Motor di Tanah Lunak
Jumat, 15 April 2016 12:30
EL-DN

Standar samping motor dengan penampang lebar, tampak pada big bike BMW F800GS milik Agus Budiyono. Bila diamati bentuknya unik, sekilas mirip telapak kaki bebek. Ternyata bukan sekadar gaya, ada maksud tertentu.

“Enggak buat gaya saja. Tujuannya supaya motor tetap bisa parkir distandarkan diatas tanah atau permukaan pasir sekalipun,” yakin Nyonyo, sapaannya. Biasanya, kalau motor diparkir di atas tanah atau pasir yang tidak keras, bakal amblas. Akibatnya, motor pun bisa saja terjatuh.

Nah, aksesori ini bisa membagi gaya tekan standar pada permukaan lebih lebar. Sehingga, bisa menahan bobot motor dan tidak mudah amblas.

Bila ditelaah lebih dalam, komponen itu adalah aksesoris impor dengan label Wunderlich. Memang belum ada produsen aksesori motor lokal yang membuat peranti serupa. Ehm, buat produsen aksesori, bisa jadi celah bisnis nih.. hehe..

Nah, buat Riders yang doyan touring atau kerap beraktivitas di daerah yang memiliki tipe permukaan tanah lunak atau berpasir, jangan patah arang dulu. Karena mengaplikasi trik ini cukup mudah. Coba tengok apa yang dilakukan Fahmi, pemilik Honda CB100 yang sudah tampil ala café racer.

Melihat standar samping model begitu, Fahmi memodifikasi standar samping motornya sesuai gaya yang dianut. Cukup unik, karena modelnya seperti cakar ayam.

Katanya selain terkait fungsinya sebagai standar samping motor, biar matching dengan segi estetika juga. “Awalnya sih hanya ingin kedepankan estetika pada detailnya. Namun nyatanya standar model begini mencengkeram pada permukaan tanah yang licin. Jadi enggak repot kalau standarin motor walau permukaan tanah becek sekalipun,” yakin anggota Kick Tengkleng Motor Cullinary itu tersenyum.

Cara bikinnya juga tak ribet. Cukup mampir ke tukang las terdekat. Standar diberikan sentuhan api las, dibentuk dan digerinda sesuai keinginan. Ongkosnya tak sampai Rp 50 ribuan. Yang pasti  motor tetap bisa berdiri miring pada permukaan tanah yang tak rata, atau berpasir sekalipun. Cakep! (otorider.com)

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.