Jangan Asal Ngecas Handphone di Honda New Scoopy

Jangan Asal Ngecas Handphone di Honda New Scoopy

 

Salah satu fitur kekinian yang hadir di Honda New Scoopy yang tak ada di model sebelumnya adalah power charger 12 volt, alias port charger handphone yang terdapat di balik tebeng depannya.

Namun, karena berkaitan dengan kelistrikan, terutama aki, maka ada hal yang harus diperhatikan. Tenang, ini bukan soal kabar hoax yang bakal bikin motor meledak kok.

"Pengecasan handphone disarankan dalam kondisi mesin motor hidup, kalau bisa saat motor berjalan" buka Mukti Abdul Rahman, Technical Training Instructor PT Wahana Makmur Sejati (WMS) Main Dealer Honda Jakarta dan Tangerang saat ditemui kemarin (18/5).

Menurutnya, saat motor berjalan, arus pengisian aki akan terjadi dan ini membuat daya aki selalu penuh dan terjaga arusnya. "Ini berpengaruh pada usia pakai aki. Karena itu, charger handphone sebaiknya jangan setiap hari, layaknya listrik rumahan. Cukup pada saat darurat saja," urainya.

Apalagi menurutnya, port carger ini langsung terhubung dengan aki, tanpa ada pengaruh dari posisi kunci. Sehingga baik, motor on atau off, casan tetap berfungsi.

Sedangkan kapasitas pengecasan terbilang kecil, yakni 1 Ampere, jadi tidak terlalu pengaruh pada seluruh sistem kelistrikan motor. "Tapi disarankan kondisi aki tetap fit, atau minimal memiliki daya 12 volt," tutup Mukti. (otorider.com)

 
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id