Alasan Shock Yamaha Byson dan Yamaha Xabre Banyak Digunakan Motor Custom

Alasan Shock Yamaha Byson dan Yamaha Xabre Banyak Digunakan Motor Custom

Dalam dunia motor custom, sudah lazim bagi para builder untuk tidak menggunakan part standar pada motor. Hal ini dikarenakan motor custom harus dibentuk sedemikian rupa agar menyerupai konsepnya. Bahkan terkadang harus menggunakan part original dari jenis motor lain, alias limbahan.

Shock Yamaha Byson dan Yamaha Xabre pun kerap digunakan sebagai kaki depan motor custom dari merek apapun. Menanggapi hal itu, Andi Akbar alias Atenx pemilik bengkel Katros Garage mengatakan hal itu dilakukan karena kedua shock tersebut memiliki jarak yang cukup lebar.

   Baca Juga: Shock Depan Yamaha Xabre Aman Digunakan Motor Custom Kawasaki Ninja 250

"Jarak dari shock yang kanan dan kiri lebih lebar. Jadi bisa dipasang ban dengan ukuran yang lebar juga," ujar Atenx saat ditemui OtoRider beberapa waktu lalu.

yamaha xabre

 

Atenx pun menjelaskan shock Yamaha Byson dan Yamaha Xabre memiliki tampilan tabung berdiameter besar. Sehingga kaki depan secara penampilan akan menambah kekar tampilan motor. Ditambah shock Yamaha Xabre telah menggunakan sistem upside down yang lebih modern.

   Baca Juga: Posisi Berkendara yang Harus Diperhatikan di Medan Off-Road

"Shock Byson lebih besar, tampilan besi dan tabungnya besar. Jadinya shock Byson lebih cocok ke semua modifikasi custom. Kalau shock Xabre engga cocok sama motor berkonsep retro. Lebih cocok ke sport karena tampilannya yang berwarna emas," ujar Atenx.

Keduanya pun memiliki harga yang cukup fantastis. Jika dalam keadaan baru, shock Byson original dari Yamaha dapat dibeli dengan harga Rp 3 jutaan. Sementara untuk shock Xabre original dari Yamaha dapat dibeli seharga Rp 7 jutaan.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id