Awas! Ketidaksesuaian Ulir Busi Bisa Akibatkan Hal Ini

Awas! Ketidaksesuaian Ulir Busi Bisa Akibatkan Hal Ini

Busi menjadi komponen penting dalam siklus pembakaran mesin berbahan bakar bensin. Kesalahan penggunaan busi yang tidak tepat pada motor tentunya akan menyebabkan kinerja mesin mengalami penurunan.

Meskipun terlihat mudah, pemasangan busi yang salah bisa berakibat fatal pada mesin. Terlebih lagi busi yang dipasang tidak sesuai dengan spesifikasi motornya.

   Baca Juga: Daftar Harga Skuter Matik di Bawah Rp 20 Juta per Oktober 2019

   Baca Juga: Terhitung, Ada 14 Perbedaan Yamaha MT-25 Baru dan Lama, Apa Saja?

PT NGK Busi Indonesia dalam keterangan resmi yang diterima OtoRider menjelaskan bahwa busi dengan lebar ulir yang serupa belum tentu memiliki fitur dan spesifikasi yang sama.

Pemasangan busi dengan ulir yang salah akan memberikan dampak buruk. Ulir yang terlalu pendek misalnya akan menyebabkan adanya penumpukan karbon. Sementara itu, jika ulir terlalu panjang, maka akan menyebabkan busi mengalami overheat dan rawan terbentur piston.

Kesesuaian penggunaan busi tentunya akan membuat pembakaran menjadi lebih sempurna. Pembakaran yang sempurna juga didukung dengan komposisi bahan bakar serta udara yang ideal di ruang bakar. Ditambah dengan timing dan besaran percikan busi yang tepat.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id