Ini Peningkatan Performa Yang Dapat Dirasakan Setelah Upgrade CVT Motor Skutik

Ini Peningkatan Performa Yang Dapat Dirasakan Setelah Upgrade CVT Motor Skutik

Modifikasi sebuah motor dapat dilakukan pada berbagai sektor. Selain melakukan modifikasi untuk tampilan, biasanya pecinta modifikasi juga melakukan ubahan pada mesin atau transmisi. Tentunya ubahan yang dilakukan pada sektor mesin dan transmisi dilakukan untuk meningkatkan performa motor.

Pada motor matic, salah satu ubahan yang dapat meningkatkan performa adalah upgrade CVT. Upgrade CVT adalah mengubah dan mengganti komponen di bagian dalam CVT. Ubahan yang dilakukan biasanya membubut bagian kipas pulley, rumah roller, dan mangkok kopling. Sedangkan part yang diganti biasanya adalah Per CVT Racing dan Roller Racing.

Rahmat Nya Musliah atau sering dipanggil Yoyo dari bengkel Kedai Riders mengatakan dengan melakukan upgrade CVT terdapat beberapa peningkatan performa. Peningkatannya antara lain adalah Stop and Go akan lebih responsif dan motor masih masih mampu mencapai top speed tinggi.

Upgrade CVT Honda PCX dan ADV150

 

"Kalau upgrade CVT itu pastinya stop and go nya itu lebih responsif dan top speed nya masih jalan. Bisa menghilangkan efek 'Gredek' pada motor-motor tertentu seperti Honda PCX," ujar Yoyo saat ditemui OtoRider beberapa waktu lalu.

   Baca Juga: Pilihan Tipe Busi yang Cocok untuk Motor Honda

Peningkatan performa biasanya menimbulkan efek lain yang dirasakan motor. Benar saja, peningkatan performa tersebut dapat berpengaruh pada konsumsi bahan bakar yang lebih boros. "Konsumsi bahan bakar pengaruh, kalau stop n go nya lebih responsif kan jadinya pas bukaan gas sedikit motornya udah ngacir. Tapi tergantung yang pakainya aja sih, kalau karakternya dia suka buka tutup gas berarti lebih boros jadinya," lanjut Yoyo.

Di bengkel Kedai Riders pun menawarkan sejumlah paket upgrade CVT, khususnya untuk Honda PCX, Honda ADV15, dan Honda Vario 150. Harga paket yang ditawarkan pun beragam, mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 1,2 juta. 

Upgrade CVT Honda PCX dan ADV150

 

Dari masing-masing harga paket upgrade CVT pun terdapat perubahan yang berbeda pula. Pengerjaan paket Rp 500 ribu antara lain bubut rumah roller, bubut kipas pulley, bubut mangkok, ganti roller racing, dan ganti per CVT racing. Pada paket Rp 950 ribu pengerjaan ditambah dengan penggantian kampas ganda. Sedangkan pada paket Rp 1,2 juta pengerjaan yang dilakukan selain ganti kampas ganda, Yoyo juga mengganti SlidePiece Dokter Pulley.

   Baca Juga: Upgrade CVT Honda PCX Bisa Hilangkan Kendala 'Gredek'

"Yang paket 1,2 juta itu ada penggantian kampas ganda dan slide piece dokter pulley. Jadi di rempetnya pulley itu ada plastik slider dan itu kita ganti pakai dokter pulley. Karena kadang penyakitnya itu bunyi klotok-klotok. Jadi seolah-olah seperti tensionernya rusak, padahal dari CVT slidenya," ujar Yoyo.

Kedai Riders sendiri dapat ditemukan di kawasan Puri Beta Ciledug. Agar lebih tepat, lokasinya berada di Pertokoan Puri Beta No.58, Jalan Puri Beta Utara, Larangan Utara, Kota Tangerang. Bengkel Kedai Riders ini buka dari pukul 09.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB setiap harinya.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id