Pernah Lihat Kantung Kecil Ini di Motor Matik? Apa Fungsinya?

Pernah Lihat Kantung Kecil Ini di Motor Matik? Apa Fungsinya?
Minggu, 22 Desember 2019 15:00
Thio Pahlevi

Sebagian pengguna motor, khususnya motor transmisi otomatis alias matik mungkin tidak menyadari adanya kantung kecil di area CVT (Continuously Variable Transmission) ini. Kantung berbahan plastik atau karet ini umum ditemui pada motor-motor matik kebanyakan.

Nah, apa sebenarnya fungsi dari kantung tersebut?

"Fungsinya menampung aliran endapan air yang mungkin masuk ke CVT. Jadi untuk menampung sisa-sisa air dan juga saluran pembuangan air," kata Ribut Wahyudi, Kepala Bengkel Honda Bintang Motor, Cinere, Depok pada OtoRider.

   Baca Juga: Oli Mesin Wajib Diganti Secara Berkala. Apa Alasannya?

Air tersebut bisa jadi masuk ke CVT saat mencuci motor atau bahkan ketika menerjang genangan air saat hujan. Kantung ini akan menampung sisa air yang masuk tadi.

Selain itu, kantung tersebut juga perlu dibersihkan. Cara membersihkannya pun cukup mudah. Bahkan bisa dilakukan sendiri di rumah dengan peralatan yang ada.

Kantung CVT motor matik

"Pembuangan ini perlu dibersihkan. Sebaiknya dicek setiap satu bulan sekali. Sebenarnya tanpa harus ke bengkel itu mudah sekali untuk membukanya," jelas Ribut.

Bagaimana cara membuka dan membersihkannya?

   Baca Juga: Konsep Motor Listrik Segway Ninebot yang Bisa Parkir Sendiri

Untuk membuka pengunci kantungnya, bisa dengan menggunakan bantuan tang universal. Setelah itu, nyalakan mesin motor untuk beberapa saat.

"Caranya yang paling mudah adalah setelah tutup selang dicopot, mesinnya dinyalakan sambil dibuka gas sedikit selama kurang lebih 10 detik. Kemudian, matikan mesin dan setelah itu pasang kembali," ucap Ribut.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.