Sistem Pengereman Motor Harus Dicek Setelah Kena Banjir

Sistem Pengereman Motor Harus Dicek Setelah Kena Banjir
Sabtu, 21 Desember 2019 14:00
Brian

Di musim hujan ini beberapa daerah di DKI Jakarta memang rawan terkena terjangan air alias banjir. Seperti beberapa waktu lalu, ramai di sosial media mengenai banjir yang merendam sejumlah sepeda motor. Tentunya motor yang telah terendam banjir harus segera dirawat agar kembali prima.

Selain melakukan perawatan pada sektor mesin setelah terendam banjir, sektor pengereman juga perlu diperhatikan. Ribut Wahyudi selaku Kepala BengkelBintang Motor Honda Cinere mengatakan pengereman harus segera dibersihkan. Menurutnya jika tidak segera dibersihkan, komponen pengereman bisa mengalami karatan.

   Baca Juga: Kerusakan Bagian Sepeda Motor yang Terendam Banjir

"Sebenarnya bagian pengereman motor yang terendam banjir tidak akan rusak. Tetapi harus segera di bersihkan supaya tidak karatan di beberapa part besinya," pungkas Wahyudi kepada OtoRider, Jum'at (20/12).

rem cakram

 

Menurutnya air yang merendam sistem pengereman di kaki-kaki motor tidak akan membahayakan komponen di dalam. Termasuk rem depan yang menggunakan sistem penggerak hidrolik. Menurutnya minyak rem akan aman dari air banjir dan tidak akan tercampur.

   Baca Juga: Apa yang Harus Dilakukan Ketika Motor Terendam Banjir?

"Pada prinsipnya engga akan masuk ke bagian vital pengereman, karena semua ada sealnya. Namun di sisi luar harus segera dibersihkan. Soal minyak rem sendiri juga pasti aman dan tidak akan tercampur dengan air," lanjutnya.

Bagian kampas rem yang mudah terkena air pun menurutnya akan aman-aman saja ketika terendam air banjir. Pemilik motor hanya perlu membersihkan kampas rem, jika masih bagus. Namun jika sudah usang tentunya perlu diganti agar pengereman menjadi lebih prima.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.