Tips Mudah Merawat Helm Agar Tidak Cepat Rusak

Tips Mudah Merawat Helm Agar Tidak Cepat Rusak

 

Helm merupakan alat penting dalam menjunjung keselamatan berkendara. Helm sendiri dibuat dengan bahan yang cukup kuat yang mampu melindungi kepala pengendara motor. Namun meskipun terbilang kuat, helm tetap harus dirawat agar kekuatannya berlangsung cukup lama.

Kasim Tan selaku anggota Komunitas Belajar Helm menjelaskan bahwa untuk merawat sebuah helm sangatlah mudah. Menurutnya pemilik helm harus menjunjung tinggi kebersihan dari helm itu sendiri. Menurut Kasim menjaga kebersihan helm pun terbilang cukup mudah.

   Baca Juga: Jangan Salah! Ini Tekanan Ban Ideal Saat Musim Hujan

"Merawat bagian luar helm cukup dibersihkan menggunakan cleaner. Setelah itu dilap dengan kain microfiber. Kalau untuk membersihkan bagian dalam seperti busanya, itu dianjurkan dicuci seminggu sekali menggunakan sabun bayi," ujar Kasim beberapa waktu lalu.

Helm Shoei

 

Kasim pun memberikan sedikit saran untuk merawat helm yang jarang diketahui banyak orang. Cara ini terbilang mudah, karena pemiliknya hanya perlu memperhatikan peletakan helm sesudah dipakai.

   Baca Juga: Pernah Lihat Kantung Kecil Ini di Motor Matik? Apa Fungsinya?

"Setelah menggunakan helm, helm itu kan ada uap panasnya. Nah helm jangan langsung ditaruh seperti biasa, tetapi taruhnya dengan dibalik. Ini agar uap panas di dalam helm keluar, kalau diposisi biasa kan uap panasnya terjebak di dalam. Jadi itu yang bisa cepat merusak busa-busa di dalamnya," jelas Kasim.

Menurutnya untuk mengeluarkan uap panas dari dalam helm yang sudah dipakai hanya perlu waktu 2 sampai 3 jam saja. Selebihnya helm diharapkan ditaruh di tempat yang kering dan tidak meletakannya di tempat yang lembab.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id