Begini Indikasi dan Dampak Oli Mesin Tercampur Air Akibat Banjir

Begini Indikasi dan Dampak Oli Mesin Tercampur Air Akibat Banjir

Sejumlah ruas jalan terendam banjir akibat curah hujan yang tinggi beberapa hari belakangan. Tak jarang ditemui beberapa motor yang mogok karena berusaha menerobos banjir.

Namun, ternyata ada beberapa kerugian yang mengintai ketika nekat untuk menerjang banjir menggunakan motor. Salah satu dampaknya adalah air yang tercampur dengan oli mesin.

   Baca Juga: Biaya Servis Setahun Pertama Yamaha XSR 155 Hanya Ratusan Ribu

Nah, apa efeknya jika oli mesin bercampur air? Adih selaku Supervisor Service Yamaha Mekar Motor Bintaro memberikan penjelasannya.

banjir

 

"Kalau oli dibiarkan tercampur air, efeknya pasti akan ada gerusan dalam mesin dan ruang bakar. Bisa kena ke komponen piston, itu bisa menyebabkan baret," kata Adih saat ditemui OtoRider beberapa waktu lalu.

   Baca Juga: Perlukah Motor Keluaran Terbaru Dipanasi Sebelum Digunakan?

Adih menambahkan, indikasi adanya air yang tercampur dengan oli mesin adalah terjadi perubahan warna. Oli mesin sendiri akan berubah menjadi coklat susu.

"Kalau sudah begitu, oli mesin harus dibuang atau dikuras. Minimal servis besar lah. Cek bagian silinder, bagian head, dan mesin. Pastikan air itu benar-benar terkuras. Biayanya lumayan untuk servis besar sendiri, apalagi jika ada komponen yang harus diganti," jelas Adih.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id