Perlukah Motor Keluaran Terbaru Dipanasi Sebelum Digunakan?

Perlukah Motor Keluaran Terbaru Dipanasi Sebelum Digunakan?

Anjuran memanaskan motor sebelum digunakan seringkali ditemui pada masa mesin karburator. Saat ini, hampir semua motor keluaran pabrikan sudah menggunakan sistem injeksi.

Nah, masih perlukan motor dipanasi? Adih selaku Supervisor Service Yamaha Mekar Motor Bintaro memberikan penjelasannya.

   Baca Juga: Daftar Harga Shockbreaker Ohlins untuk Honda (Januari 2020)

"Sebenarnya sih perlu untuk dipanasi. Apalagi kalau enggak dipakai. Intinya itu buat kondisi sirkulasi oli. Bagusnya sebelum kita memakainya di jalan itu sebaiknya dipanasi," kata Adih pada OtoRider saat ditemui di Bintaro, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.

Honda Scoopy Stylish White Red

 

Adih menjelaskan, memanaskan motor sebelum digunakan bertujuan untuk membuat sirkulasi oli optimal dalam melumasi seluruh bagian mesin. "Biar sirkulasi olinya naik ke bagian cylinder head, bagian piston, dan supaya pendinginannya nanti lebih bagus," ucapnya.

   Baca Juga: Bahaya Mengintai Pengguna Helm dengan Double Visor

Tak hanya itu, lanjut Adih, memanaskan motor juga bisa menjaga pengisian baterai agar tetap bagus. Memanaskan motor sendiri juga ternyata tak memerlukan waktu lama.

"Kalau panasin sih enggak butuh waktu lama ya. Paling lama itu sekitar 5 menit. Karena kalau terlalu lama saat kondisi motor diam, itu malah kurang bagus. Soalnya enggak ada pendinginan udara seperti saat motor berjalan," jelas Adih.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id