Benarkah Oli Mesin Bisa Pengaruhi Keiritan Bahan Bakar?

Benarkah Oli Mesin Bisa Pengaruhi Keiritan Bahan Bakar?

Pemakaian oli mesin yang sesuai rekomendasai pabrikan ternyata tak hanya berfungsi melindungi bagian dalam mesin saja. Namun, oli mesin juga berpengaruh pada konsumsi bahan bakar motor.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Bagaimana mekanisme oli mesin bisa membuat motor irit bahan bakar?

   Baca Juga: Pilihan Ban Ukuran Pelek 12 Inchi. Ada Apa Saja dan Berapa Harganya?

"Penggunaan oli dianjurkan sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Karena kalau salah, kinerja mesin jadi berat dan menimbulkan keborosan. Selain itu, kalau kondisi oli sudah jelek, bisa memengaruhi putaran atau kinerja mesin," kata Ribut Wahyudi, Kepala Bengkel Bintang Motor Honda Cinere, Depok pada OtoRider beberapa waktu lalu.

oli federal

 

Hal senada juga diungkapkan oleh Rialdy Fasha selaku Training and Technical Engineer Motul Indonesia. Menurutnya, tingkat kekentalan oli akan berpengaruh pada tarikan motor dan konsumsi bahan bakarnya.

   Baca Juga: Terungkap! Penyebab Oli Mesin Menjadi Hitam Saat Penggantian. Sudah Tahu Kenapa?

"Kalau olinya lebih kental pasti lebih boros, tapi perlindungannya lebih baik. Sedangkan kalau lebih encer itu perlindungannya enggak lebih baik, tapi memang bahan bakar lebih irit," ujar Rialdy saat ditemui OtoRider di Sentul, Bogor beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, Rialdy menganjurkan untuk selalu menggunakan oli mesin yang direkomendasikan pabrikan. "Lebih baik memang gunakan oli yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan, umumnya di 10W30 atau 10W40," jelasnya.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id