Awas! Motor Sering Lewati Jalan Macet Bikin Ganti Oli Makin Cepat

Awas! Motor Sering Lewati Jalan Macet Bikin Ganti Oli Makin Cepat

Kondisi lalu lintas yang ramai seringkali menyebabkan sejumlah ruas jalan mengalami kemacetan, khususnya di Jakarta. Meskipun begitu, banyak masyarakat yang memilih menggunakan motor untuk pergi ke berbagai lokasi tujuannya.

Namun, ternyata ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan saat mengendarai motor menembus kemacetan, salah satunya adalah usia pakai oli mesin. Motor yang sering bermacet-macetan di jalan bisa membuat oli lebih cepat diganti. Mengapa demikian?

   Baca Juga: Terungkap! Penyebab Oli Mesin Menjadi Hitam Saat Penggantian. Sudah Tahu Kenapa?

Ribut Wahyudi selaku Kepala Bengkel Bintang Motor Honda Cinere, Depok pun memberikan penjelasannya. Menurutnya, motor yang sering melewati kemacetan membuat suhu oli menjadi lebih cepat panas.

lalu lintas sepeda motor ilustrasi

 

"Oli mesin bisa lebih cepat diganti jika sering melewati jalan macet. Karena mesin tetap harus bekerja meskipun motor tidak jalan," kata Ribut pada OtoRider beberapa waktu lalu.

   Baca Juga: Bolehkah Pompa Ban Pakai Nitrogen Campur Angin Biasa?

Ribut menambahkan, meskipun angka kilometer belum mencapai jadwal penggantian oli, namun secara putaran mesin sudah seharusnya diganti. Hal ini juga sedikit banyak dipengaruhi oleh sistem pendinginan udara yang kurang maksimal saat jalanan macet.

"Efeknya oli cepat panas karena tidak adanya pendingin udara, yakni udara atau angin yang dihasilkan saat kondisi motor berjalan. Jadi pendingin motor murni dari oli," ungkap Ribut.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id