Awas! Motor Sering Lewati Jalan Macet Bikin Ganti Oli Makin Cepat

Awas! Motor Sering Lewati Jalan Macet Bikin Ganti Oli Makin Cepat
Rabu, 12 Februari 2020 11:00
Thio Pahlevi

Kondisi lalu lintas yang ramai seringkali menyebabkan sejumlah ruas jalan mengalami kemacetan, khususnya di Jakarta. Meskipun begitu, banyak masyarakat yang memilih menggunakan motor untuk pergi ke berbagai lokasi tujuannya.

Namun, ternyata ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan saat mengendarai motor menembus kemacetan, salah satunya adalah usia pakai oli mesin. Motor yang sering bermacet-macetan di jalan bisa membuat oli lebih cepat diganti. Mengapa demikian?

   Baca Juga: Terungkap! Penyebab Oli Mesin Menjadi Hitam Saat Penggantian. Sudah Tahu Kenapa?

Ribut Wahyudi selaku Kepala Bengkel Bintang Motor Honda Cinere, Depok pun memberikan penjelasannya. Menurutnya, motor yang sering melewati kemacetan membuat suhu oli menjadi lebih cepat panas.

lalu lintas sepeda motor ilustrasi

 

"Oli mesin bisa lebih cepat diganti jika sering melewati jalan macet. Karena mesin tetap harus bekerja meskipun motor tidak jalan," kata Ribut pada OtoRider beberapa waktu lalu.

   Baca Juga: Bolehkah Pompa Ban Pakai Nitrogen Campur Angin Biasa?

Ribut menambahkan, meskipun angka kilometer belum mencapai jadwal penggantian oli, namun secara putaran mesin sudah seharusnya diganti. Hal ini juga sedikit banyak dipengaruhi oleh sistem pendinginan udara yang kurang maksimal saat jalanan macet.

"Efeknya oli cepat panas karena tidak adanya pendingin udara, yakni udara atau angin yang dihasilkan saat kondisi motor berjalan. Jadi pendingin motor murni dari oli," ungkap Ribut.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.