Berbentuk Kecil, Seberapa Penting Fungsi Tutup Pentil Ban?

Berbentuk Kecil, Seberapa Penting Fungsi Tutup Pentil Ban?
Senin, 30 Maret 2020 06:00
Thio Pahlevi

Komponen kecil yang satu ini mungkin seringkali dipandang sebelah mata oleh sebagian biker, yakni tutup pentil ban. Namun, ternyata komponen ini memiliki fungsi yang cukup penting.

Biasanya tutup pentil hanya berbentuk setengah lingkaran kecil berwarna hitam. Selain itu, ada juga beberapa tutup pentil yang memiliki bentuk beragam sebagai aksesori tambahan.

   Baca Juga: Tes Konsumsi BBM Yamaha All New NMax 155 VS Honda PCX 150. Siapa Lebih Irit?

Jadi, seberapa penting fungsi dari tutup pentil ban itu sendiri? Ribut Wahyudi selaku Kepala Bengkel Bintang Motor Honda Cinere, Depok pun memberikan penjelasannya.

"Penting banget. Selain menyempurnakan tampilan, juga menjaga kestabilan tekanan angin ban. Dan juga, bila pentil sudah tidak rapat lagi, bisa ditahan dengan tutup pentil," ujar Ribut pada OtoRider beberapa waktu lalu.

   Baca Juga: Berkenalan dengan Filter Oli serta Fungsinya

Ribut menambahkan, tutup pentil akan lebih menjaga angin tetap rapat dan mencegahnya keluar meskipun sedikit. Tak hanya dari sisi keamanan, tutup pentil juga menjadi poin penting dalam legalitas berkendara.

"Ada juga beberapa polisi yang menilang kendaraan dengan alasan tidak ada tutup pentilnya," ungkap Ribut.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.