Bolehkah Motor Baru Langsung Digeber?

Bolehkah Motor Baru Langsung Digeber?
Rabu, 6 Mei 2020 10:00
Thio Pahlevi

Sesuatu hal yang baru tentunya perlu mendapatkan adaptasi dan penyesuaian, seperti misalnya yang dilakukan pada motor baru. Masa awal penggunaan motor baru sendiri dikenal dengan istilah inreyen.

Lalu, apa itu inreyen dan seberapa penting untuk dilakukan? Adih selaku Supervisor Service Yamaha Mekar Motor Bintaro, Jakarta Selatan pun memberikan penjelasannya.

   Baca Juga: Vespa Adakan Kompetisi Digital, Hadiah Menarik Menanti

Masa inreyen atau penyesuaian mesin diperlukan saat menggunakan motor baru. Hal ini bertujuan agar komponen di dalam mesin mampu beradaptasi untuk mencapai kinerja yang optimal.

"Saat masa inreyen itu biasanya pada penggunaan 500 km pertama. Ini ditujukan untuk memastikan kondisi sirkulasi oli serta ketahanan mesin," jelas Adih pada OtoRider.

Panel instrumen/ Speedo meter Yamaha MT-25

Saat masa inreyen, cara pemakaian motor juga perlu diperhatikan. Adih menghimbau agar pemilik motor tidak langsung menggeber motor dengan putaran mesin yang cukup tinggi.

"Cara pakai motor harus diperhatikan. Sebaiknya batasi bukaan gas maksimal pada 7.000 rpm saja ketika masa inreyen," ucap Adih.

   Baca Juga: Adu Spesifikasi Mesin Aprilia GPR150 ABS vs Yamaha YZF R15

Sebagai contoh, dalam buku pedoman pemilik Yamaha MT-25 disebutkan bahwa periode penting dalam masa pakai mesin motor adalah antara 0 hingga 1.600 km. Oleh karena itu, dihimbau untuk jangan memberi beban terlalu berat pada motor di periode tersebut.

Di periode ini usahakan untuk tidak melakukan tarikan gas secara penuh. Jika dilakukan, ini bisa mengakibatkan mesin mengalami panas berlebihan. Jadi, sebaiknya perlakukan motor baru dengan baik dan benar agar terhindar dari risiko kerusakan mesin.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.