Cara Membaca Kode Ukuran Ban Motor, Sudah Tahu?

Cara Membaca Kode Ukuran Ban Motor, Sudah Tahu?

 

Ban motor umumnya memiliki beragam ukuran, model, serta kompon yang digunakan. Hal yang seringkali mudah ditemui adalah ukuran dari ban itu sendiri agar cocok digunakan pada motor. Biasanya, pada dinding ban terdapat deretan angka serta huruf. Lantas, bagaimana cara membacanya dan apa arti dari kode angka serta huruf tersebut?

Jimmy Handoyo selaku FDR Technical Service & Development Dept Head PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI) pun memberikan penjelasannya. Menurutnya, kode tersebut merupakan ukuran dari ban itu sendiri.

   Baca Juga: Cara Memilih Ban Motor yang Tepat dan Sesuai Ukuran

"Kode ini menjadi hal yang paling sering diperhatikan, misalnya 130/70-17 M/C 62S. Artinya, 130 adalah ukuran lebar ban, 70 adalah tinggi ban dalam persen kali lebar ban dengan satuan milimeter," ujar Jimmy pada OtoRider beberapa waktu lalu.

Ban motor

Jimmy menambahkan, 17 adalah diameter ban dalam satuan inci dan 62 merupakan index beban serta S adalah speed simbol. Kode angka dan huruf ini tentunya memudahkan pengguna motor ketika ingin mengganti ban yang sesuai rekomendasi pabrikan.

   Baca Juga: Kenali Jenis Kompon Pada Ban Motor, Anda Pakai yang Mana?

Ketidaksesuaian penggunaan ukuran ban tentunya akan mengubah karakter berkendara dari motor tersebut. Bahkan, kesalahan pemakaian ban juga bisa berakibat pada konsumsi bahan bakar yang lebih boros.

"Efek memodifikasi ban bila terlalu kecil lebih ke arah safety atau keamanan berkendara, karena kontak area ban lebih kecil, sehingga motor lebih licin dikendarainya. Sedangkan kalau terlalu besar lebih ke arah ekonomis, selain harga lebih mahal, beban motor juga menjadi lebih berat yang mengakibatkan konsumsi bahan bakar lebih boros," jelas Jimmy.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id