Kenali Jenis Kompon Pada Ban Motor, Anda Pakai yang Mana?

Kenali Jenis Kompon Pada Ban Motor, Anda Pakai yang Mana?

Ban motor umumnya memiliki berbagai jenis ukuran dan bahan yang digunakan. Selain itu, ban memiliki beragam macam kompon, di antaranya seperti regular, intermediate, dan soft. Lalu, apa yang membedakan masing-masing kompon tersebut dan apa keunggulannya?

Hal ini pun dijelaskan langsung oleh Jimmy Handoyo selaku FDR Technical Service & Development Dept Head PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI). Biasanya, kompon reguler banyak digunakan pada ban standar untuk harian.

   Baca Juga: FDR Hadirkan Dua Seri Ban Terbaru, Ultimate dan Champion

"Kompon reguler digunakan oleh ban-ban standar harian. Keunggulannya adalah lebih tahan lama dibandingkan kompon lainnya," ujar Jimmy pada OtoRider beberapa waktu lalu.

Jimmy menambahkan, kompon soft biasanya digunakan untuk ban balap. Hal ini dikarenakan daya cengkram yang baik untuk kecepatan tinggi. Namun sayangnya, ban ini memiliki  wearlife atau masa pakai yang lebih pendek.

Ban FDR Ultimate dan FDR Champion (Blaze RX dan Blaze RS)

"Kompon intermediate di antara kedua kompon tersebut. Biasanya dipakai untuk motor sport dan high performance karena setingkat di bawah soft kompon dengan wearlife yang lebih lama dibandingkan soft kompon," jelas Jimmy.

Perbedaan kompon tersebut dapat ditemukan pada produk-produk FDR. FDR sendiri memiliki beberapa pilihan ban, salah satunya jajaran seri produk FDR Ultimate. Seri ban ini menggunakan intermediate compound untuk berkendara harian.

   Baca Juga: Intip e-Bicycle Harley-Davidson Serial 1, Harga Tembus Rp 48 Jutaan

"Dengan menggunakan intermediate compound, ban FDR Ultimate memiliki keseimbangan antara daya cengkram yang baik dengan daya tahan yang cukup untuk penggunaan harian," kata Jimmy.

Ban FDR yang termasuk dalam FDR Ultimate di antaranya adalah Sport Zevo, Blaze, Maxtreme, Blaze RS, dan Blaze RX. "Tidak hanya menggunakan intermediate compound, Blaze RS dan Blaze RX bahkan sudah menggunakan konstruksi radial yang membuat ban lebih ringan tapi kokoh," ucap Jimmy.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id