Cara Merawat Ban Agar Tetap Awet Dipakai

Cara Merawat Ban Agar Tetap Awet Dipakai
Rabu, 5 Februari 2020 06:00
Thio Pahlevi

Ban menjadi salah satu komponen yang akan habis seiring pemakaian. Tak hanya itu, ban juga menjadi bagian yang menentukan kenyamanan dan keamanan berkendara karena bersentuhan langsung dengan jalan.

Agar tetap awet dan sesuai usia pemakaian, tentunya ban memerlukan perawatan. Lalu, apa saja yang perlu diperhatikan dalam melakukan perawatan ban? Khususnya motor yang digunakan untuk harian?

   Baca Juga: Skema Cicilan All New Honda BeAT 2020, Sebulan Hanya Rp 700 Ribuan

Bagus Ardian selaku Big Engine Motorcycle Head Department Planet Ban pun memberikan penjelasannya. Menurutnya, ada 3 hal yang harus dilakukan jika berbicara soal perawatan ban untuk harian.

"Perawatannya cukup mudah. Pertama adalah dicuci. Kotoran atau lumpur yang dibiarkan menempel akan menimbulkan kerak dan akhirnya dia masuk ke pori-pori ban. Sebaiknya harus segera dicuci dan dibersihkan menggunakan sabun," kata Bagus pada OtoRider di Depok, Jawa Barat beberapa waktu lalu.

Tekanan angin ban motor/ nitrogen

 

Bagus menambahkan, cara yang kedua dalam merawat ban adalah dengan rutin mengecek tekanan angin ban. Kesesuaian angin akan menjaga konstruksi ban tetap terjaga dengan baik.

"Cek tekanan angin minimal itu dua minggu sekali. Karena begitu tekanan angin itu berkurang, ketika dia dimuati beban, maka bagian dalam ban itu pasti akan berubah, bahkan ujungnya bisa pecah atau timbul retak-retak," jelasnya.

   Baca Juga: Daftar Harga Matik Honda (Februari 2020)

Terakhir, lanjut Bagus, hindarilah penggunaan semir ban. Dalam jangka waktu penggunaan lama, semir ban bisa merusak ban itu sendiri. Selain itu, ban juga berisiko licin jika semir terkena bagian tapak ban.

"Demikian juga jika digunakan untuk bagian dinding ban, itu juga dalam jangka waktu panjang akan menimbulkan getas pada karet ban tersebut. Bisa menimbulkan retak juga," ujar Bagus.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.