Bolehkah Pompa Ban Pakai Nitrogen Campur Angin Biasa?

Bolehkah Pompa Ban Pakai Nitrogen Campur Angin Biasa?
Jumat, 7 Februari 2020 08:00
Thio Pahlevi

Kemajuan teknologi menciptakan hal-hal baru pada industri otomotif, salah satunya adalah pengisian udara ban motor menggunakan nitrogen. Sebelum era nitrogen, ban motor umumnya hanya diisi dengan angin biasa.

Lalu, apakah boleh nitrogen di dalam ban motor dicampur dengan angin biasa? Apakah terdapat risiko bahaya?

   Baca Juga: Daftar Harga Matik Honda (Februari 2020)

Bagus Ardian selaku Big Engine Motorcycle Head Department Planet Ban pun memberikan penjelasannya. Menurutnya, tidak perlu khawatir jika harus terpaksa mencampur nitrogen dengan angin biasa, apalagi dalam keadaan darurat.

"Sebenarnya enggak apa-apa, namun setelah ketemu lokasi pengisian nitrogen, seyogyanya dikuras dan diganti dengan nitrogen semua," kata Bagus saat ditemui OtoRider di Depok, Jawa Barat beberapa waktu lalu.

   Baca Juga: Skema Cicilan All New Honda BeAT 2020, Sebulan Hanya Rp 700 Ribuan

Bagus menambahkan, dalam kondisi darurat dan sulit menemukan lokasi pengisian nitrogen, maka diperbolehkan untuk mencampurnya dengan angin biasa.

"Dalam kondisi darurat, boleh dicampur dengan oksigen. Sebenarnya enggak berbahaya, hanya kesaktiannya si nitrogen sendiri akhirnya akan menjadi berkurang. Tidak maksimal," jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.