Waspada, Aki Motor Bisa Rusak Saat Melintasi Banjir

Waspada, Aki Motor Bisa Rusak Saat Melintasi Banjir

Menerjang banjir menggunakan sepeda motor tidak hanya dapat merusak komponen mesin, tetapi bisa juga merusak komponen lainnya. Salah satu komponen yang mudah rusak karena banjir adalah aki motor alias accu. Sebagai perangkat kelistrikan, air tentunya adalah musuh terbesar dari aki itu sendiri.

Rudy Setiawan selaku Mekanik dari bengkel Adi Motor menyebutkan aki merupakan komponen yang mudah rusak ketika terkena air. Terutama pada sepeda motor jenis matic baru-baru ini. Karena kebanyakan motor matic sekarang memiliki tempat penyimpanan aki yang cukup rendah.

   Baca Juga: Perlukah Mencopot Aki Motor Saat Jarang Digunakan?

"Selain mesin dan ECU yang mudah rusak pada motor ketika melintasi banjir itu aki. Kan matic sekarang banyak yang akinya di bawah tuh, itu kalau melintasi banjir bisa cepat rusak," pungkas Rudy kepada OtoRider beberapa hari lalu.

accu/aki

 

Air yang memiliki sifat insolator dapat menghantarkan listrik di sekitar area kendaraan. Bila aku terendam air, aliran listrik positif dan negatif dari aki yang seharusnya terpisah akan terhubung. Jika hal ini terjadi tentunya dapat menyebabkan kerusakan dan konsleting.

   Baca Juga: Efek Pakai Bensin Oktan Tinggi Melewati Anjuran Pabrikan

"Di cek dulu, kalau memang tidak terendam kan bisa dipakai lagi. Kalau udah engga bisa dipakai ya mau tidak mau diganti. Kan kalau aki kering kalau sudah engga ada listriknya engga bsia dipakai lagi," ujar Rudy.

Nah bagi yang memiliki motor matic, apalagi yang posisi akinya sangat rendah diharapkan agar tidak memaksakan melintasi banjir. Selain aki, pengendara juga perlu memperhatikan titik-titik seperti lubang knalpot, filter udara, dan ECU agar motor tidak rusak.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id