Hemat Biaya Bengkel, Ini Cara Mengganti Busi Sendiri Di Rumah

Hemat Biaya Bengkel, Ini Cara Mengganti Busi Sendiri Di Rumah

Kebijakan untuk berdiam diri di rumah demi menghindari penyebaran virus Corona tentunya tak menghalangi Anda untuk tetap produktif. Salah satu aktivitas yang dapat dilakukan yakni merawat motor kesayangan.

Perawatan yang dapat dilakukan sendiri di rumah antara lain mengecek atau mengganti komponen busi. Busi sendiri memiliki peran vital dalam menjaga sistem pembakaran mesin agar tetap optimal.

   Baca Juga: Tes Performa All New NMax vs All New PCX, Kencang Mana?

Nah, daripada harus ke bengkel dengan tambahan biaya serta bertemu dengan banyak orang, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Bagaimana caranya? Ribut Wahyudi selaku Kepala Bengkel Bintang Motor Honda Cinere, Depok pun memberikan penjelasannya.

"Siapkan kunci busi terlebih dahulu. Untuk tipe matik, sediakan juga obeng plus untuk membuka cover bagian depan bawah jok. Jika kunci sudah lengkap, kemudian masukan kunci busi dan putar ke arah berlawanan jarum jam," jelas Ribut pada OtoRider beberapa waktu lalu.

Ilustrasi busi motor harus diganti

Ribut menambahkan, setelah busi terlepas, pasang busi yang baru dengan cara memutar searah jarum jam. Selain itu, jangan langsung kencangkan menggunakan kunci busi.

"Putar busi dengan tangan terlebih dahulu. Jangan langsung pakai kunci. Sebab, kalau langsung dikencangkan dengan kunci, khawatir slek di bagian ulirnya. Setelah dirasa cukup, kemudian baru kencangkan menggunakan kunci busi," ujar Ribut.

   Baca Juga: Daftar Harga Matik Honda (April 2020)

Selain itu, pemasangan atau pelepasan busi juga tidak boleh asal. Disarankan untuk tidak melakukan penggantian busi saat mesin dalam kondisi masih panas.

"Tidak disarankan (saat mesin panas). Sebab pemuaian bisa terjadi dan bahaya juga buat keamanan orang itu sendiri," ucap Diko Octavian, Technical Support Product Specialist PT NGK Busi Indonesia.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id