Honda Genio Bisa Tembus 50 KM/Liter? Ini Rahasianya!

Honda Genio Bisa Tembus 50 KM/Liter? Ini Rahasianya!

Memiliki struktur rangka dan mesin baru, Honda Genio digadang sebagai dasar pengembangan skutik Honda 110 cc di masa depan. Maka, impresi berkendara hariannya pun akan menggambarkan karakter jajaran skutik Honda nantinya.

Reviewer kami Hieronimus Girindra atau kerap disapa Manut, menjajal skutik 110 cc ini untuk digunakan harian dan menembus kemacetan Jakarta. Bagaimana rasanya?

Mesinnya terasa halus berkas fitur ACG starter. Begitu juga saat pertama kali gas dipelintir, getaran mesin halus sekali dikecepatan rendah. Asiknya, mesin baru ternyata juga punya respon yang mantap.

Berkat mesin baru berkapasitas 110 cc miliknya, tenaga maksimum yang mampu dihasilkan sebesar 8,8 dk pada 7.500 rpm dan torsi maksimum 9,3 Nm pada 5.500 rpm. Hentakan awalnya sangat responsif akibat perpaduan langkah piston yang lebih panjang membuat torsinya lebih terasa. Apalagi untuk digunakan untuk karakter berkendara stop and go.

Berdasarkan hasil pengetesan OtoRider, akselerasi motor ini dari 0-60 km/jam diraih dalam waktu 10,5 detik. Sementara itu, 0-80 km/jam motor ini mampu mencatat 18,8 detik.

Beralih ke konsumsi bahan bakar, Genio mampu menempuh 49 km/liter dengan karakter berkendara normal, yakni sering membuka dan menutup gas secara tidak teratur. Sedangkan, untuk mode berkendara Eco, Genio bisa jadi lebih irit lagi. Dengan jarak pengukuran sekitar 70 km, kami mendapatkan data konsumsi bahan bakar sampai 68,5 km/liter. Luar biasa!

Nah, agar konsumsi bahan bakar tetap irit saat digunakan harian, kondisi motor yang prima juga tentu sangat berpengaruh, khususnya di sektor mesin. Itu menjadi salah satu rahasia selain gaya berkendara eco. Hal yang paling penting dalam menjaga kesehatan mesin salah satunya adalah dengan melakukan penggantian oli mesin secara berkala.

Namun, pemakaian oli mesin juga harus diperhatikan agar tidak salah dalam melakukan penggantian. Pasalnya, kesalahan dalam memilih oli mesin pada motor matic juga akan berakibat fatal.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih oli mesin untuk motor matic, seperti viskositas dan jenis olinya.

Salah satu oli yang bisa menjadi solusi untuk motor matic adalah oli Federal Matic 30 dari Federal Oil yang memiliki tingkat kekentalan 10W-30 JASO MB. Oli tersebut sempat tim OtoRider dan beberapa komunitas motor Honda uji dalam kegiatan Sunmori bertajuk 'Coolest Matic Challenge'. Hasilnya, suhu mesin terbukti tetap stabil dan tarikan motor tetap enteng meskipun diajak berputar-putar di tengah panas dan macetnya kota Jakarta.

Jadi, mulai sekarang harus cermat pilih oli agar performa motor matic tetap optimal.

Honda Genio panning

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id