Lampu Motor Tetap Menyala Saat Siang Hari, Benarkah Bikin Aki Jadi Soak?

Lampu Motor Tetap Menyala Saat Siang Hari, Benarkah Bikin Aki Jadi Soak?
Rabu, 11 Maret 2020 15:00
Thio Pahlevi

Menyalakan lampu utama motor saat berkendara siang hari memang sudah menjadi kewajiban yang ditetapkan oleh pemerintah. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan berlalu lintas.

Namun, benarkah mitos bahwa menyalakan lampu saat siang hari dapat menyebabkan aki cepat rusak? Berikut OtoRider berikan penjelasannya seperti dilansir dari laman resmi Suzuki Indonesia.

   Baca Juga: Awas! Ini Efeknya Jika Motor Injeksi Sering Habis Bensin

Ternyata, selama pengisian dari spull berjalan normal dan bagus, menyalakan lampu utama saat siang hari tidak akan berpengaruh pada usia pakai aki.

Jika lampu utama mati, bisa saja terjadi karena ketika menghidupkan mesin, Anda langsung membuka gas ke putaran mesin atau posisi idle yang tinggi. Hal tersebut bisa menyebabkan bohlam putus.

   Baca Juga: Yang Perlu Diketahui Saat Mengganti Oli Mesin Motor

Berkat kemajuan teknologi, sejumlah motor keluaran terbaru kini sudah menggunakan fitur AHO alias Auto Headlight On. Fitur ini akan membuat lampu utama tetap menyala ketika motor dihidupkan tanpa harus menggunakan saklar.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.