Mau Lakukan Touring Motor? Siapkan Beberapa Tool Kit Berikut Ini!

Mau Lakukan Touring Motor? Siapkan Beberapa Tool Kit Berikut Ini!

 

Touringmenjadi salah satu kegiatan yang dilakukan oleh pengguna motor, baik sendirian maupun berkelompok. Saat melakukan perjalanan, pengendara atau penumpang harus selalu menggunakan riding gear yang sesuai standar. Selain itu, agar perjalanan tetap lancar, disarankan membawa beberapa tool kit untuk mengantisipasi ketika kondisi darurat.

Lalu, apa saja tool kityang perlu disiapkan? Ade Rohman selaku Sub Departement Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora pun memberikan penjelasannya.

   Baca Juga: Tips Merawat Hand Tools Agar Lebih Tahan Lama

Tool kit yang perlu dibawa yakni kunci busi. Alat ini berfungsi untuk mengecek bagian pengapian apabila motor mengalami masalah seperti mogok misalnya. Untuk membuka busi, tentunya menggunakan kunci khusus pembuka busi, baik pada tipe motor bebek, matic, dan sport.

Obeng Tekiro Tools

Selanjutnya, tool kit yang perlu disiapkan adalah obeng plus (+) dan minus (-). Peranti ini dapat digunakan membuka baut atau skrup yang ada di bodi kendaraan untuk menyetel stasioner atau idling dan pengecekan baut saluran bahan bakar.

Tool kit lainnya adalah tang potong dan tang longnose untuk membuka atau memasang sambungan rantai, potong kabel mengupas kabel, membuka baut yang slek, dan menjepit klem. "Dalam keadaan emergency dapat difungsikan juga sebagai pengganti tangan ketika harus memegang kuat mur atau baut yang dikencangkan, khususnya saat mesin motor panas, tentu untuk membuka koil akan sulit tanpa menggunakan alat bantu," ujar Ade.

Kunci ring dan pas tekiro tools

Alat berikutnya adalah kunci L hexagonal atau bintang dengan komposisi satu set. "Alat ini diperlukan karena sebagian besar motor ada yang mengharuskan menggunakan kunci L untuk membuka beberapa bagian tertentu," jelas Ade.

Kelima, pompa angin portable. Dengan ukuran mini yang mudah dibawa, alat ini dapat dipakai ketika ban kendaraan kurang angin sebelum mendapatkan pompa angin khusus. 

   Baca Juga: Harga Terbaru Honda Vario 125 dan 150 per Desember 2020

Selain itu, persiapkan juga kunci pas ukuran 10 x 12 dan 14 x 17. Fungsi dari alat ini adalah untuk mengencangkan dan melepas baut serta mur yang berbentuk segi enam atau kotak saja, menempel pada bagian motor yang tidak terlalu kuat momen pengencangannya.

Terakhir, kunci ring hexagonal 24 mm. Kegunaan dari kunci ini salah satunya adalah untuk menjangkau bagian yang sempit pada motor tipe sport. "Daya cengkram kunci ring jauh lebih kuat untuk membuka atau mengencangkan baut atau mur dengan maksimal," ucap Ade.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id