Motor Kebanjiran Harus Segera Cek Kondisi Suspensi

Motor Kebanjiran Harus Segera Cek Kondisi Suspensi

Motor yang terendam banjir tentunya akan mendapatkan kerusakan pada sejumlah komponen. Tentunya kerusakan ini membuat performa motor tidak maksimal, bahkan beberapa tidak dapat dinyalakan. Salah satu komponen yang harus segera dicek setelah terkena banjir adalah suspensi.

Rudy Setiawan selaku Mekanik di bengkel Adi Motor mengatakan selain mesin dan sistem pengapian, suspensi juga harus segera di cek dan dibersihkan. Menurutnya jika tidak segera dibersihkan, suspensi dapat mengalami karat. Karat dapat menyerang bagian komponen suspensi yang menggunakan bahan besi, seperti pada tabung bagian dalam.

   Baca Juga; Bedah Komponen Shockbreaker Ohlins. Apa Saja Isinya?

"Sebenarnya suspensi itu bisa dibilang aman-aman saja kalau terkena banjir. Tetapi pemilik motor juga harus mengecek, karena kalau terendam banjir lama suspensi itu bisa karat. Karatnya itu di bagian tabung yang masuk ke dalam, yang terbuat dari besi itu," ujar Rudy kepada OtoRider beberapa waktu lalu.

Ohlins Cartridge SUspension - Coilover Mono-Shock

 

Selain membersihkan air yang dapat menimbulkan karat, pemilik juga harus memastikan seal pada suspensi. Menurut Rudy jika seal telah bocor, maka air bisa masuk ke dalam suspensi. Walaupun air yang masuk ke dalam tidak menimbulkan karat, tetapi suspensi yang bocor pun tidak akan nyaman digunakan.

   Baca Juga: Tips Menjaga Shock Breaker Tetap Awet dan Bebas Bocor

"Kalau seal bocor kan berarti suspensi juga sudah rusak, berarti air bisa masuk. Kalau buat suspensi depan itu masih bisa di servis, tetapi kalau suspensi belakang jarang sih. Biasanya langsung ganti suspensi atau shockbreaker baru aja," ungkapnya.

Banjir yang melanda beberapa titik di wilayah Jabodetabek memang membuat sejumlah kendaraan terendam. Oleh karenanya pemilik motor agar kerusakan tidak berkelanjutan, ada baiknya mengecek komponen-komponennya. Sehingga motor dapat digunakan kembali untuk kegiatan sehari-hari dalam keadaan sehat.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id