Budget RP 16 Juta, Pilih BeAT Baru atau Vario 125 Bekas?

Budget RP 16 Juta, Pilih BeAT Baru atau Vario 125 Bekas?

Skuter matic alias motor bertransmisi otomatis masih menjadi pilihan utama pengguna motor untuk mendukung transportasi hariannya. Menariknya, tak hanya pembelian motor baru, namun juga sebagian kalangan memilih untuk membeli motor bekas.

Nah, jika anda memiliki dana berkisar Rp 16 jutaan, akankah memilih membeli Honda BeAT baru atau Vario 125 bekas? Berikut OtoRider sajikan detail spesifikasi keduanya.

Honda BeAT sendiri dibekali dengan mesin berkapasitas 110 cc atau tepatnya 108,2 cc, 4-Tak, SOHC, serta berpendingin udara. Berkat mesin tersebut, motor ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 8,56 dk pada 7.500 rpm dan torsi maksimum 9,01 Nm pada 6.500 rpm.

Sementara itu, Vario 125 sendiri menggendong mesin 125 cc, 4-Tak, SOHC, dan berpendingin udara. Mesin ini menghasilkan tenaga maksimal sebesar 10,9 dk pada 8.500 rpm dan torsi maksimum 10,8 Nm pada 5.000 rpm.

Sementara itu, dari segi fitur, keduanya sama-sama dibekali dengan tipe ACG starter yang membuat mesin terdengar halus saat dinyalakan. Tak hanya itu, keduanya juga memiliki fitur Idling Stop System (ISS) serta Combi Brake System (CBS).

Dari segi keuntungan, untuk Honda BeAT baru, konsumen tentunya akan mendapatkan unit dengan mesin terbaru serta desain yang lebih kekinian. Bagaimana keuntungan jika memilih Vario 125 bekas? Konsumen tentunya akan mendapatkan tenaga yang lebih besar serta akomodasi yang lebih luas berkat dimensinya yang lebih besar.

Lalu, apa saja yang harus diperhatikan sebelum membeli Vario 125 bekas? Ribut Wahyudi selaku Kepala Bengkel Bintang Motor Honda Cinere, Depok memberikan penjelasannya agar tetap mendapatkan motor berkualitas meskipun kondisinya bekas.

"Lihat tingkat penggunaan motor tersebut dengan cara cek jarak tempuh kilometernya. Selain itu, cek juga riwayat perawatannya, dimana servisnya, dan pemilik sebelumnya sudah melakukan apa saja pada motornya. Cek juga bagian bodinya. Terakhir, jika kurang mengerti soal motor disarankan bawa mekanik untuk memeriksa kondisi motor," jelas Ribut pada OtoRider beberapa waktu lalu.

Umumnya, motor bekas akan tetap berkualitas jika perawatan berkalanya dilakukan secara benar dan sesuai anjuran pabrikan. Tak hanya servis, penggantian oli mesin yang rutin serta tepat waktu juga bisa menjaga performa motor tetap optimal.

Salah satu oli yang kami rekomendasikan bisa menjadi solusi untuk motor matic adalah oli Federal Matic 30 dari Federal Oil yang memiliki tingkat kekentalan 10W-30 JASO MB. Bahkan, dari hasil pengetesan tim redaksi OtoRider pada All New Honda Vario 125 CBS selama pemakaian setahun, suhu mesin tetap stabil dan konsumsi bahan bakarnya secara mengejutkan bisa mencapai 49,6 km/liter dalam mode berkendara standar serta 56,7 km/liter pada mode Eco. Kondisi mesin sendiri terbukti tetap optimal meskipun sudah menembuh ribuan kilometar selama setahun.

Jadi, mulai sekarang harus cermat pilih oli agar performa motor matic tetap optimal.

honda beat vario

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id