Nyalakan Motor Pakai Kick Starter Bikin Fitur Idling Stop System Tak Bekerja?

Nyalakan Motor Pakai Kick Starter Bikin Fitur Idling Stop System Tak Bekerja?
Minggu, 4 Oktober 2020 11:00
Thio Pahlevi

Fitur Idling Stop System (ISS) saat ini tersedia di beberapa motor matic, khususnya Honda. Fitur tersebut bekerja dengan mematikan mesin secara otomatis setelah berhenti selama lebih dari 3 detik. Untuk menyalakannya kembali, pengendara cukup memutar tuas gas tanpa perlu menekan tombol starter lagi.

   Baca Juga: Isi Angin Ban Motor, Sebaiknya Pakai Udara Biasa atau Nitrogen?

Fitur ini sendiri berfungsi salah satunya untuk menghemat bahan bakar. Lantas, apa yang menyebabkan fitur ISS tak bekerja? Apakah mengalami kerusakan?

All New Honda BeAT Series 2020

 

Ribut Wahyudi selaku Kepala Bengkel Honda Bintang Motor, Cinere, Depok pun memberikan penjelasannya. Meskipun masih berfungsi dengan baik, ternyata ada hal yang bisa membuat fitur ini tak bekerja, salah satunya karena menyalakan motor menggunakan kick starter.

"Kalau menyalakan dengan kick starter dan tidak pakai electric starter, bisa membuat ISS enggak bekerja karena sensor mendeteksi masalah saat pakai kick starter," ujar Ribut pada OtoRider beberapa waktu lalu.

   Baca Juga: Harga Motor Honda Terbaru: Matic 150 cc (Oktober 2020)

Ribut menambahkan, selain menyalakan motor menggunakan electric starter, fitur ISS akan bekerja dengan beberapa ketentuan. Fitur ini bakal menyala ketika suhu mesin mencapai 60°C, kecepatan lebih dari 10 km/jam, serta kondisi stasioner putaran mesin berada di 1.600 rpm.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.