Perlukah Mencopot Aki Motor Saat Jarang Digunakan?

Perlukah Mencopot Aki Motor Saat Jarang Digunakan?
Senin, 6 Januari 2020 15:00
Thio Pahlevi

Motor menjadi salah satu alat transportasi yang cepat dan efisien untuk digunakan berkendara harian, khususnya di Jakarta. Namun, beberapa kalangan ada yang menggunakan motor hanya pada waktu tertentu saja, seperti hari libur atau sekadar motoran akhir pekan.

Akan tetapi, bahaya aki soak juga bisa mengintai motor-motor yang jarang digunakan, apalagi jika motor tidak dipanasi. Ditambah lagi, motor bahkan tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama, hingga lebih dari seminggu misalnya.

   Baca Juga: Resmi! Pertamina Turunkan Harga Bensin dan Solar per Hari Ini

Lalu, untuk menghindari aki soak, perlukah aki dicabut saat motor tidak digunakan? 

"Misal ditinggal lebih dari seminggu, kalau bisa itu akinya dicopot. Untuk menghindari aki menjadi soak," kata Adih, Supervisor Service Yamaha Mekar Motor Bintaro saat ditemui OtoRider di kawasan Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.

accu/aki

 

Adih menambahkan, motor keluaran terbaru umumnya sudah menggunakan mesin injeksi. Oleh karena itu, aki memiliki peran yang cukup penting untuk motor injeksi.

   Baca Juga: Biaya Servis Setahun Pertama Yamaha XSR 155 Hanya Ratusan Ribu

"Kalau buat motor injeksi ya pastinya sangat berpengaruh. Karena tanpa aki, motor enggak bisa nyala. Makanya perawatan akinya harus rutin," jelas Adih.

Untuk merawat aki agar tetap optimal, lanjut Adih, sebaiknya selalu cek tegangan akinya. Selain itu, ketika servis di bengkel resmi Yamaha, aki juga di-charge tiap 3.000 km atau saat kunjungan servis berkala.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.