Sering Cuci Ban Motor Pakai Sabun Bisa Bikin Cepat Rusak?

Sering Cuci Ban Motor Pakai Sabun Bisa Bikin Cepat Rusak?
Sabtu, 17 Oktober 2020 13:00
Thio Pahlevi

Mencuci motor secara rutin tentu akan membuat penampilannya tetap terjaga dan tidak mudah kusam. Selain itu, juga berfungsi untuk mencegah timbulnya karat akibat kotoran yang tertinggal. Bagian yang tak luput dicuci salah satunya adalah roda dan ban.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika mencuci ban motor, di antaranya adalah penggunaan sabun. Lantas, benarkah kabar jika sering mencuci ban motor menggunakan sabun justru bisa membuatnya cepat rusak?

   Baca Juga: Kronologi Valentino Rossi Dinyatakan Positif Covid-19

Jimmy Handoyo selaku FDR Technical Service & Development Dept Head PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI) pun memberikan penjelasannya. Menurutnya, saat mencuci ban motor, perhatikan jenis sabun yang digunakan.

Ban motor

 

"Sabun cuci motor ada berbagai macam jenis. Hindari sabun cuci motor yang tidak jelas mereknya dan kandungan bahan kimia keras. Usahakan penggunaan sabun hanya untuk menghilangkan kotoran yang sulit hilang dengan air biasa," ujar Jimmy pada OtoRider beberapa waktu lalu.

   Baca Juga: Detail Spesifikasi Lengkap Honda Forza 125 eSP+ Terbaru

Jimmy menambahkan, kesalahan penggunaan sabun bisa menyebabkan performa ban motor menjadi tidak optimal. "Penggunaan sabun yang terlalu sering atau ekstrem bisa membuat ban menjadi keras dan mengurangi daya cengkram di aspal," jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.