Sering Gunakan Semir pada Ban Motor, Apakah Aman?

Sering Gunakan Semir pada Ban Motor, Apakah Aman?

Rutin mencuci motor tentunya akan menjaga kualitas cat tetap baik serta terhindar dari karat. Selain komponen bodi, bagian kaki-kaki motor pun tak boleh luput dibersihkan, khususnya pada ban yang bersentuhan langsung dengan jalanan.

   Baca Juga: Klasmen Sementara MotoGP 2020 Usai Seri Aragon: Joan Mir Berkuasa!

Usai dicuci, biasanya ban akan diberikan cairan semir agar tetap mengkilap. Namun, apakah hal tersebut aman jika sering dilakukan? Jimmy Handoyo selaku FDR Technical Service & Development Dept Head PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI) pun memberikan penjelasannya.

Ban motor, TWI, Semir Ban, Ban Botak

Jimmy mengungkapkan, saat ini cukup banyak produk semir ban yang dipasarkan. Oleh sebab itu, konsumen perlu berhati-hati sebelum menggunakan semir pada ban motor kesayangan.

"Untuk semir ban saat ini ada bermacam-macam. Hindari semir ban yang tidak jelas mereknya karena kita tidak tahu kandungan zat kimianya," jelas Jimmy pada OtoRider beberapa waktu lalu.

   Baca Juga: Punya Tampilan Baru, Apa Saja Fitur Honda Genio?

Jimmy menambahkan, disarankan untuk tidak terlalu sering menggunakan semir ban. Penggunaan semir ban dalam jangka waktu lama pun dapat merusak kompon ban.

"Hindari pula pemakaian semir ban yang terlalu sering karena membuat ban menjadi licin dan kelamaan bisa merusak compound ban. Jadi sekali-sekali saja penggunaannya," ujar Jimmy.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id