Tips Memilih Ban Saat Musim Hujan, Apa Saja yang Diperhatikan?

Tips Memilih Ban Saat Musim Hujan, Apa Saja yang Diperhatikan?

Cuaca hujan menjadi salah satu kondisi yang bakal dihadapi pengendara motor. Agar berkendara tetap aman dan nyaman, keseluruhan komponen motor harus bekerja optimal, khususnya ban yang bersentuhan langsung dengan jalanan. Lantas, apa saja yang perlu diperhatikan pengendara pada komponen ban ketika menghadapi cuaca hujan?

Jimmy Handoyo selaku FDR Technical Service & Development Dept Head PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI) pun memberikan penjelasannya. Menurutnya, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan pada ban saat kondisi hujan, mulai dari memilih ban yang sesuai dan juga cara perawatannya.

   Baca Juga: Jangan Salah! Ini Tekanan Ban Ideal Saat Musim Hujan

"Pilih ban dengan pattern atau kembangan yang dapat membelah air dengan baik, jangan pilih ban dengan pattern minimalis ataupun ban slick. Selain itu, pilih ban dengan ukuran standar motornya. Jika memang ingin dimodifikasi, maksimal ukurannya naik atau turun satu tingkat," ujar Jimmy pada OtoRider.

Ban FDR Hover

 

Nah, bagaimana cara merawatnya serta apa saja yang perlu diperhatikan ketika berkendara dalam kondisi hujan? Jimmy menambahkan, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah tekanan angin ban.

   Baca Juga: Awas! Ini Dampaknya Jika Tekanan Angin Ban Motor Tidak Sesuai

"Perhatikan tekanan angin ban, hindari tekanan angin kurang atau melebihi dari tekanan angin yang direkomendasikan. Perhatikan pula umur ban, apabila sudah mencapai batas TWI harap segera mengganti ban dengan yang baru," jelas Jimmy.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id