Tips Rawat Riding Gear Selama Jalani Work From Home

Tips Rawat Riding Gear Selama Jalani Work From Home
Selasa, 14 April 2020 06:00
Thio Pahlevi

Pemerintah hingga kini masih memberlakukan kebijakan pembatasan kegiatan sosial guna mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19. Bahkan, di beberapa daerah sudah memberlakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar).

Dalam kondisi demikan, tentunya ada banyak hal yang bisa dilakukan di rumah untuk mengisi kegiatan, salah satunya adalah merawat riding gear. Seringkali, perlengkapan ini luput dari perhatian dan menyebabkannya mudah rusak.

   Baca Juga: Bergaya Klasik, Aprilia Luncurkan CR150 Scrambler

"Banyak pengendara motor langsung menyimpan perlengkapan berkendaranya seperti jaket, helm, sarung tangan, dan bahkan ada yang menyimpan di tempat yang tidak semestinya," ujar Ludhy Kusuma, Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora dalam keterangan resmi yang diterima OtoRider.

Berikut tips yang bisa dilakukan untuk merawat riding gear saat berkegiatan di rumah. Nah, apa saja yang perlu diperhatikan?

Pertama, usai digunakan, sebaiknya riding gear dikeringkan terlebih dahulu dan simpan di ruangan terbuka serta memiliki suhu yang hangat. Namun, jika kondisi riding gear tersebut dalam keadaan kering, cukup di bersihkan dengan menggunakan lap bersih.

Rawat riding gear

Selanjutnya bersihkan helm, khususnya bagian kaca lebih dulu agar tak ada kotoran yang menempel dan berpotensi menyebabkan kaca berjamur. "Untuk bagian dalam helm yang bisa dibuka, sebaiknya dijemur dan dibersihkan agar kering dari keringat setelah berkendara," jelas Ludhy.

Lebih lanjut, pastikan bahwa helm, jaket, sarung tangan, dan sepatu tetap terjaga kelembabannya. Jika terlalu kering, akan membuat riding gear menjadi getas dan terkelupas. Sementara, kondisi yang terlalu lembab akan mengakibatkan timbulnya jamur atau bakteri.

   Baca Juga: Daftar Harga Motor Matik Rp 18 Jutaan. Apa Saja Pilihannya?

Agar kondisinya tetap lembab dan nyaman digunakan, disarankan juga menggunakan pengharum khusus riding gear. Jika diperlukan, silahkan menggunakan cairan disinfektan dengan cara dilap ke bagian-bagian yang dirasa sering disentuh dan terlihat kotor.

"Hal ini juga perlu dilakukan secara rutin terutama untuk jaket, sarung tangan, dan sepatu dengan bahan kulit  agar kondisinya tetap nyaman ketika digunakan. Dengan momen WFH (Work From Home) saat ini penting bagi setiap pengendara untuk tetap menjaga kesehatan dengan cara memahami bagaimana merawat riding gear dengan baik dan benar," ucap Ludhy.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.