Tips Ringan Rawat Motor Sambil Work From Home

Tips Ringan Rawat Motor Sambil Work From Home

Demi mencegah penyebaran virus Corona atau Covid 19, sejumlah masyarakat kini melakukan WFH alias Work From Home. Selain bekerja, ternyata Anda juga bisa memanfaatkan sedikit waktu luang untuk kegiatan lain, seperti melakukan perawatan ringan pada motor kesayangan.

Tak hanya menghemat biaya bengkel, Anda juga bisa mengetahui informasi dasar terkait motor. Nah, perawatan apa saja yang bisa dilakukan sendiri di rumah?

   Baca Juga: Marc Marquez Lontarkan Komentar Pedas Pada Jorge Lorenzo

Berikut OtoRider sajikan tips ringan yang bisa dilakukan sendiri di rumah bersumber dari tim training Techinal Service Function (TSF) Main Dealer motor Honda Jakarta Tangerang, PT Wahana Makmur Sejati (WMS).

Tips yang pertama adalah dengan melakukan pencucian menyeluruh pada motor. Bersihkan juga bagian bodi, mesin, hingga bagian bawah jok.

Perawatan motor dan oli mesin

Selain bersih, Anda juga dapat mendeteksi apabila terjadi indikasi kerusakan pada motor, seperti lecet bodi ataupun bagian mesin yang rembes oleh oli, cairan rem, serta kondisi cairan pendingin mesin. Dengan demikian, Anda bisa segera melakukan tindakan perbaikan.

Tips selanjutnya adalah dengan memerika kondisi oli mesin, mulai dari tingkat kekentalan hingga volumenya. Cara memeriksanya dengan membuka dipstick oli.

   Baca Juga: Bermesin Besar, Berapa Konsumsi Bahan Bakar Vespa GTS Super Tech 300?

Perawatan ketiga yakni cek kondisi kekencangan rantai untuk tipe cub atau bebek dan sport. Sedangkan pada skuter matik bisa dilakukan dengan menyalakan motor sambil mendengarkan suara mesin dan bagian CVT (Countinuously Variable Transmission) untuk mendeteksi jika ada gangguan.

Tips yang terakhir, pastikan seluruh komponen penting dalam berkendara seperti lampu, kampas rem, kondisi tekanan angin ban, dan ketebalan alur ban masih baik untuk digunakan berkendara.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id