Awas! Hal-Hal Ini Bisa Memperpendek Usia Pakai Shockbreaker Motor

Awas! Hal-Hal Ini Bisa Memperpendek Usia Pakai Shockbreaker Motor
Selasa, 13 April 2021 11:00
Thio Pahlevi

Kinerja shockbreaker atau suspensi yang optimal tentunya akan membuat handling motor tetap mumpuni. Shockbreaker sendiri memiliki fungsi di antaranya guna memberikan kenyamanan dan kestabilan saat berkendara dalam segala kondisi, baik jalan pelan, cepat, bahkan ketika bermanuver. Agar komponen shockbreaker tetap awet, perawatan rutin perlu dilakukan.

Ade Rohman selaku Sub Departement Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora berbagi tipsnya untuk menjaga keawetan shockbreaker motor. Menurutnya, ada beberapa hal yang bisa berpotensi memperpendek usia pakai shockbreaker.

   Baca Juga: Adu Rivalitas Suzuki Satria F150 dan Honda Sonic 150R, Berapa Harga Barunya Sekarang?

Pertama, jarang membersihkan shockbreaker. Kotoran yang menempel pada area kerja shockbreaker bisa membuat seal atau karet dan piston shockbreaker rusak. Kerusakan pada bagian ini bisa menyebabkan oli suspensi bocor. Dampak yang ditimbulkan akibat kebocoran oli akan mengurangi tingkat kenyamanan berkendara dan berpotensi terjadinya kecelakaan.

Honda Rebel 2020

Kedua, Ade menghimbau untuk menghindari penggunaan aksesoris tak resmi. Penggunaan aksesoris yang tak seharusnya dapat berdampak buruk bagi shockbreaker, seperti pemasangan adaptor atau peninggi. 

"Penambahan aksesoris tersebut akan berdampak pada fungsi collar yang tidak bekerja maksimal. Selain itu, shockbreaker akan mudah rusak dan membahayakan pengendara karena menimbulkan kecelakaan," ujar Ade.

   Baca Juga: Ternyata Oli Shockbreaker Perlu Rutin Diganti, Kira-Kira Kapan Waktunya?

Terakhir, disarankan untuk tidak membawa beban berlebihan. Ade mengatakan jangan paksakan motor membawa beban melebihi kapasitas yang dianjurkan pabrikan, karena akan membuat shockbreaker bekerja melebihi kapasitasnya.

Jika hal itu sering terjadi, bisa dipastikan komponen shockbreaker akan cepat aus sehingga kinerjanya akan menurun. Kemungkinan terparahnya adalah rod comp bengkok. Kalau itu terjadi, motor tidak akan nyaman untuk dikendarai.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.