Banyak Bocor, Berapa Jumlah Tambalan Maksimal Dalam Satu Ban?

Banyak Bocor, Berapa Jumlah Tambalan Maksimal Dalam Satu Ban?

 

Ban yang bocor memang dapat dibetulkan dengan cara menambalnya di bengkel tertentu. Namun ternyata jika banyak terjadi kebocoran tentunya ban menjadi tidak layak digunakan. Kira-kira berapa jumlah tambalan maksimal dalam satu ban?

Fachrul Rozi selaku Customer Engineering Support Michelin Indonesia menyebutkan ban memang memiliki batasan maksimal untuk ditambal. Menurutnya untuk batasan tambalan hanya mencapai empat kali saja. Selain itu, posisi keempat tambalan harus dalam kuadran yang berbeda sehingga tetap aman digunakan.

   Baca Juga: Harus Segera Perbaiki, Tambal Cacing Bisa Merusak Ban Motor

"Empat kali dengan posisi kuadran ya, kalau ada dua di satu kuadran itu engga bisa dipakai harus ganti. Harus kuadran, jadi ngitungnya lingkaran ban dibagi empat dan masing-masing bagian cuma boleh ada satu tambalan," ujar Fachrul saat ditemui awak media di Jakarta beberapa waktu lalu.

Ban FDR Hover

 

Selanjutnya Fachrul menjelaskan jika terdapat dua titik kebocoran yang berdekatan jaraknya, maka harus mengganti ban baru. Menurutnya hal tersebut tidak aman untuk digunakan meskipun menggunakan tambalan yang bagus. Mengingat jaraknya yang terlalu dekat, sehingga berada dalam satu kuadran yang sama.

   Baca Juga: Libas Jalan Menanjak dan Menurun Saat Off-Road, Bagaimana Caranya?

"Kalau misalkan ada dua titik berdekatan, jarak cuma 4 cm misalnya itu harus ganti. Karena antara dua titik tersebut engga ada yang megang kan, dalemnya sudah patah. Terlalu dekat jaraknya, harusnya ada jarak ya satu kuadran harus ingat ya," pungkas Fachrul.

 

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id