Libas Jalan Menanjak dan Menurun Saat Off-Road, Bagaimana Caranya?

Libas Jalan Menanjak dan Menurun Saat Off-Road, Bagaimana Caranya?
Senin, 17 Mei 2021 06:00
Thio Pahlevi

Kondisi trek yang beragam membuat teknik berkendara motor trail berbeda dengan motor jalan aspal. Teknik ini tentunya diperlukan agar pengendara dapat mengontrol motornya dengan sempurna. Nah, seringkali ketika berkendara off-road ditemui jalan menanjak dan menurun. Lantas, bagaimana cara melibasnya?

Tim Yamaha Riding Academy (YRA) Main Dealer PT Thamrin Brothers pun membagikan beberapa tips saat melibas jalan menanjak serta menurun. Hal-hal apa saja yang perlu diterapkan saat menemui kondisi jalan tersebut?

   Baca Juga: Kabuto Hadirkan Helm Full Face Shuma Terbaru, Apa Keunggulannya?

Ketika menghadapi jalan menanjak, posisi disarankan berdiri, terutama ketika menghadapi tanjakan yang tinggi guna menghindari motor terbalik. Jika tanjakannya tidak ekstrem, diperbolehkan posisinya duduk. Selanjutnya ketika berdiri, badan melewati posisi setang.

Yamaha Riding Experience WR 155R

Posisi  kedua kaki tetap menjepit bodi motor atau knee grip guna tetap stabil serta tangan memegang handle kuat dan rileks supaya motor mudah diarahkan. Gunakan juga gear dan putaran mesin yang tepat agar kuat menanjak dan mesin motor tidak mudah mati.

Hindari melakukan pengereman yang keras, baik rem depan atau belakang untuk menjaga putaran mesin dan kecepatan yang baik. Saat akan sampai di puncak tanjakan, tutup gas atau gunakan tenaga inersia motor. Hindari gas terbuka penuh yang berisiko akan membuat motor mudah jumping.

WR 155R Off-Road

Sementara itu, saat melewati jalan menurun disarankan posisi badan agak condong ke belakang, terutama saat melewati jalan menurun yang curam untuk menghindari motor terpelanting ke depan atau stoppie. Jika kondisi jalan mulus bisa sambil duduk, namun jika jalan rusak agak diangkat sedikit dari jok agar guncangan tidak sampai badan.

   Baca Juga: Tes Konsumsi BBM Royal Enfield Meteor 350, Seberapa Irit?

Posisi tangan agak lurus dan rileks. Kemudian, posisi kaki mendekap bodi motor dan berat pengendara ditumpu di kaki agar keseimbangan tetap terjaga. Terakhir, gunakan gear yang tepat dan hindari penggunaan rem secara keras serta tiba-tiba agar tidak mudah slip atau terjatuh.

Tak lupa, kenali karakter jalan, fokus dan konsentrasi saat berkendara, serta tentunya gunakan safety gear yang aman dan nyaman. Selain kondisi motor, pastikan juga fisik sehat atau tubuh fit karena membutuhkan tenaga yang kuat dalam menempuh perjalanan di trek off-road.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.