Berkendara Musim Hujan Lebih Baik Pakai Helm Full Face atau Half Face?

Berkendara Musim Hujan Lebih Baik Pakai Helm Full Face atau Half Face?

 

Berkendara di musim hujan membuat segenap pengendara motor harus mempersiapkan diri. Persiapan bukan hanya dari segi jas hujan, tetapi juga pemilihan helm yang tepat. Lantas ketika musim hujan mana yang lebih baik digunakan, helm half face atau full face?

Jusri Pulubuhu selaku Instruktur Safety Riding Jakarta Defensive Driving Consultant mengatakan ketika berbicara riding gear ada dua kategori. Jusri menyebutkan terdapat riding gear ideal dan  riding gear minimal. Pada riding gear ideal dapat memberikan proteksi yang lebih tinggi saat berkendara sepeda motor.

Jenis Helm

"Sebenarnya gini, kita berbicara riding gear itu ada dua kategori. Pertama ideal, yang sempurna dan paling tinggi memberikan peluang proteksi ketika terjadi kecelakaan. Yang kedua adalah minimal, di bawah itu engga ada lagi," ujar Jusri kepada OtoRider beberapa waktu lalu.

   Baca Juga: Cara Aman Lintasi Jalanan Rusak dan Berlubang Gunakan Motor

Jusri menyebutkan, pada perangkat keselamatan helm, yang paling ideal adalah model full face. Sementara untuk kategori minimum adalah half face yang kerap dipilih sejumlah pengendara motor di Indonesia. Sementara menurutnya helm cetok yang hanya melindungi bagian atas kepala sangat tidak aman, bahkan tidak masuk dalam kategori minimal.

Berkendara Musim Hujan

"Bicara helm jadi yang ideal adalah pakai full face, kalau dia mau pakai half face ya sah-sah saja. Tapi perlu diingat keselamatan itu adalah pilihan kita masing-masing. Banyak cedera dimana orang pakai helm half face itu bagian mukanya keseret," pungkas Jusri.

   Baca Juga: 4 Inspirasi Modifikasi Yamaha XSR 155 Garapan Builder Bali

Meski demikian, Jusri menyebutkan helm full face bukan semata-mata kepala tidak dapat cedera. Hanya saja model half face memiliki perlindungan yang menyeluruh. Dengan demikian dapat mengurangi cedera yang serius pada kepala pengendara.

 

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id