Bukan Cuma Wanita, Pria Juga Sering Sein Kiri Tapi Belok Kanan

Bukan Cuma Wanita, Pria Juga Sering Sein Kiri Tapi Belok Kanan
Sabtu, 2 Oktober 2021 10:00
Brian

Di Indonesia fenomena berkendara sein ke kiri tetapi beloknya ke kanan sudah banyak terjadi. Biasanya perilaku berkendara ini selalu dikaitkan dengan wanita atau ibu-ibu, padahal belum tentu. Johanes Lucky selaku Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM) mengungkapkan terkadang pria juga kerap melakukan hal serupa.

Menurut Lucky sapaan karabnya, antara pria dan wanita sama saja dalam hal berkendara sepeda motor. Menurutnya sepeda motor memang membutuhkan skill tertentu untuk dikendarai. Sementara di Indonesia, sekolah khusus untuk latihan berkendara motor belum ada hingga saat ini.

   Baca Juga: AHM Bantah Rumor Vario 160, Masih Fokus Versi 150

"Yang terjadi, para calon pengendara belajar mengendarai motor ke temannya, ke saudaranya, ke bapaknya, dan sebagainya. Nah belajar yang seperti itu tidak ada standarnya," ujar Lucky kepada awak media di AHM Safety Riding Park, Cikarang, Jawa Barat, Kamis (30/9).

lalu lintas sepeda motor ilustrasi

Dengan belajar tanpa lewat sekolah berkendara, menurut Lucky membuat pengendara saat ini hanya memahami fungsi dasar sepeda motor. Fungsi dasar yang dimaksud seperti cara akselerasi, cara rem, cara menyalakan lampu sein, dan lainnya. Sementara untuk ilmu berkendara aman di jalan raya, belum memahaminya.

   Baca Juga: VIDEO: Cobain Sirkuit Off-Road AHM Safety Riding Park | Indonesia | OtoRider

"Padaha perilaku lampu sein kanan beloknya ke kiri, laki-laki ada juga yang melakukannya. Jadi ini lebih ke pemahaman yang enggak tepat terkait dengan instrumen yang ada. Jadi memanfaatkannya enggak sesuai. Kalau kita melihatnya lebih ke situ, kita menyorotinya berarti edukasi di awal belum standar. Sehingga ada yang lewat," pungkas Lucky.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.