Jangan Asal, Pilih Minyak Rem Sesuai Spesifikasi Sistem Pengereman

Jangan Asal, Pilih Minyak Rem Sesuai Spesifikasi Sistem Pengereman
Jumat, 3 Desember 2021 07:00
Brian

Sistem pengereman menjadi salah satu perangkat paling penting dalam sepeda motor. Selain dapat menghentikan laju kecepatan, perangkat ini juga diandalkan untuk keamanan berkendara. Oleh karenanya komponen pengereman perlu dirawat dan diperhatikan pemilik sepeda motor.

Dalam sistem pengereman juga terdapat komponen yang tak kalah penting, salah satunya adalah minyak rem. Komponen yang satu ini sering luput dari perhatian pengguna sepeda motor. Johannes B.M.S selaku Chief Yamaha DDS 3 (Jawa Tengah – DIY) mengatakan terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan pada minyak rem.

   Baca Juga: Jelang Akhir Tahun, Perhatikan Hal-Hal Berikut Sebelum Touring

"Ada 2 macam spesifikasi minyak rem yang disarankan untuk sepeda motor saat ini, yaitu DOT 3 & DOT 4. Perbedaan keduanya tidak terlalu banyak, di antaranya zat aditif yang terkandung di dalamnya dan titik didih yang berbeda," ujar Johannes dalam keterangan tertulis.

Minyak Rem STP

Johannes mengatakan untuk motor dengan sistem pengereman yang dilengkapi Anti-lock Braking System (ABS) harus lebih diperhatikan. Menurutnya, motor dengan sistem pengereman ABS membutuhkan minyak rem dengan spesifikasi berbeda. Minyak rem juga berpengaruh terhadap komponen ABS yang menjadi perangkat keselamatan sepeda motor.

   Baca Juga: Biar Makin Paham, Ini Proses yang Dilakukan Saat Uji Emisi Motor

"Namun jangan salah pilih, khusus pengguna sepeda motor Yamaha dengan sistem pengereman ABS sebaiknya menggunakan spesifikasi minyak rem DOT 4 agar pengereman tetap optimal dan menjaga komponen ABS awet dan tahan lama," pungkasnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.