Jelang Akhir Tahun, Perhatikan Hal-Hal Berikut Sebelum Touring

Jelang Akhir Tahun, Perhatikan Hal-Hal Berikut Sebelum Touring

 

Liburan akhir tahun menjadi momen yang kerap digunakan untuk berkegiatan touring untuk pecinta sepeda motor. Tentunya sebelum melakukan touring terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan, baik dari kondisi pengendara maupun sepeda motor. Berikut lima poin utama untuk mempersiapkan diri sebelum melakukan aktivitas touring.

"Pertama adalah cek kondisi kendaraan, pastikan motor dalam kondisi prima dan telah dilakukan pengecekan. Komponen yang harus dicek sebelum melakukan touring adalah ban, oli, dan aki. Pastikan ketiga komponen tersebut dalam kondisi baik agar perjalanan lancar," ujar Oriansah selaku Instruktur Yamaha Riding Academy Area Bangka Main Dealer CV Sumber Jadi Bangka dan Belitung dalam keterangan tertulis.

Selanjutnya pastikan kondisi tubuh dalam keadaan sehat, hal ini menjadi faktor paling penting. Siapkan fisik sebaik mungkin menjelang hari keberangkatan touring dengan tidur cukup dan menjaga asupan makanan dan minuman. Jangan memaksakan diri ketika lelah diperalanan, berhenti sejenak dan istirahat untuk memulihkan tenaga dan konsentrasi.

Yamaha All New NMax 155 Connected/ABS

Kemudian usahakan rombongan memahami kondisi dan karakter jalan yang akan dilewati untuk meminimalisir kecelakaan. Dengan mengetahui rute, maka rombongan touring akan lebih hati-hati saat melintas di daerah rawan kecelakaan. Selain itu juga pemilik motor dapat mempersiapkan motornya dengan lebih matang.

   Baca Juga: Pembalap Yamaha Berikan Tips Cara Jago Bawa Motor Sport di Sirkuit

Jangan lupa untuk tetap patuhi rambu lalu lintas dan marka jalan selama perjalanan touring. Minimnya kesadaran pengendara untuk memathui rambu lalu lintas dan marka jalan menjadi salah satu penyebab kecelakaan. Dengan mengikuti aturan yang ada, pengendara dapat touring dengan lebih teratur dan terkontrol serta menghormati pengguna jalan lain.

Komunitas Yamaha Aerox dan WR 155R

Terakhir gunakan riding gear yang layak dan terstandarisasi dan dikenakan secara lengkap. Siapkan jas hujan khususnya saat touring dengan jarak yang sangat jauh. Terutama di saat musim penghujan seperti ini, perlu persiapan yang lebih matang.

   Baca Juga: Sering Disepelekan, Berikut Pentingnya Saringan Udara di Motor

"Di saat musim penghujan seperti ini perlu kita ketahui bersama persiapan touring tentunya cukup banyak. Hal ini tidak bisa dianggap sepele demi menunjang keselamatan dan kenyamanan di sepanjang jalan," pungkasnya.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id