Biar Makin Paham, Ini Proses yang Dilakukan Saat Uji Emisi Motor

Biar Makin Paham, Ini Proses yang Dilakukan Saat Uji Emisi Motor
Selasa, 30 November 2021 16:00
Thio Pahlevi

Uji emisi menjadi salah satu cara yang dilakukan pemerintah untuk menjaga kualitas lingkungan hidup. Sejak berlakunya kebijakan uji emisi untuk kendaraan bermotor, Yamaha turut serta sebagai pelaksana dalam menyukseskan program ini. Nah, kira-kira apa saja proses yang dilakukan saat uji emisi motor?

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari Yamaha Flagship Shop (FSS) Jakarta, terdapat beberapa langkah yang dilakukan. Pertama, memasangkan alat pendeteksi gas pada knalpot. Kemudian, kendaraan diparkir di tempat yang datar. Hal selanjutnya, pastikan saat pengecekan gas buang (knalpot) tidak bocor.

   Baca Juga: Perbandingan Dimensi Honda CB150X dan CB150R Streetfire, Tinggi Mana?

Langkah berikutnya, mesin harus berada pada suhu 60°C hingga 70°C. Aksesoris pada kendaraan juga harus dalam keadaan mati. Temperatur area pengujian sendiri berkisar pada suhu 20-35°C. Kemudian, mesin motor dalam kondisi idle atau langsam di putaran 1300 rpm. Lakukan pengecekan selama 5-7 menit.

Uji emisi motor bengkel Yamaha

Kadar dan kandungan zat asap kendaraan akan dicatat setelah selesai. Zat yang dideteksi di antaranya adalah Karbon Monoksida, Hidrokarbon, Karbondioksida, Oksigen, dan Nitrogenoksida. Setiap kendaraan yang telah lolos uji emisi akan diberikan bukti lulus uji emisi, yang dapat ditunjukkan kepada pihak kepolisian. Selain itu, pengecekan juga dapat dilakukan melalui aplikasi e-uji emisi dengan cara memasukkan nomor polisi kendaraan.

   Baca Juga: GALERI: Kawasaki Versys 650 2022, Tampil Agresif dan Sporty

"Yamaha mendukung pemerintah dalam kebijakan uji emisi gas buang, pengujian ini perlu dilakukan karena memberikan dampak besar bagi lingkungan hidup maupun kondisi kendaraan itu sendiri. Demi kesuksesan program pemerintah ini, Yamaha memberikan kemudahan bagi konsumen service Yamaha dengan menyediakan fasilitas tersebut secara gratis," ujar Frengky Rusli, Koordinator Chief Yamaha DDS Jabodetabek.

Uji emisi disebut diperuntukkan untuk seluruh kendaraan bermotor yang sudah berusia tiga tahun lebih, dengan biaya jasa Rp 50.000/unit di Yamaha Flagship Shop Jakarta. Konsumen bisa mendapatkan uji emisi secara gratis apabila sebelumnya telah melakukkan service dan ganti oli. Program ini berlaku untuk semua tipe motor Yamaha dan tidak ada batasan maksimal usia motor.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.