Kawasaki Ninja ZX-25R Dipasang Turbocharger, Tenaga Naik Drastis

Kawasaki Ninja ZX-25R Dipasang Turbocharger, Tenaga Naik Drastis

 

Kawasaki Ninja ZX-25R resmi meluncur di Indonesia sejak pertengahan 2020 lalu. Berbekal mesin 250 cc dengan konfigurasi 4-silindernya, motor ini mampu menghasilkan tenaga yang cukup besar, yakni mencapai 51 PS. Namun, bagaimana jadinya jika mesin tersebut disematkan turbocharger?

Trickstar, rumah modifikasi asal Jepang baru-baru ini menyematkan Kawasaki Ninja ZX-25R dengan turbocharger. Hal tersebut diklaim dilakukan untuk membuat motor dengan performa layaknya tunggangan di ajang balap Moto3. Dalam ajang tersebut, motor yang dipakai menggunakan mesin 250 cc dengan keluaran tenaga hingga 60 PS.

   Baca Juga: Banderol Harga Terbaru CBR150R, YZF-R15, dan GSX-R150 per Oktober 2021

"Sejujurnya saya tidak tahu berapa performa yang akan dicapai. Saya rasa saya sudah memiliki berbagai pengetahuan tentang roda empat, tapi saya masih meraba-raba untuk roda dua. Untuk saat ini, tujuannya adalah memiliki mesin Moto3 dengan output 60 PS, yang merupakan kecepatan tercepat. Saya menargetkan 250 km/jam, tetapi turbo ZX-25R sudah memiliki 58 PS pada pengukuran roda belakang, jadi saya pikir itu mungkin mendekati 70 PS di crankshaft," ujar Ryuji Tsuruta, perwakilan dari Trickster dikutip dari Young-Machine.

Kawasaki Ninja ZX-25R Pakai Turbocharger

Ryuji menambahkan saat ini pihaknya tengah melakukan pengujian lebih lanjut. Ia mengaku belum meneliti advance angle dan fuel adjustment. Sementara itu, intercooler disebutnya juga belum terpasang. Meski demikian, dia bertekad untuk terus mencobanya, bahkan hingga rusak.

   Baca Juga: Shark Beri Sentuhan Pembaruan pada Helm Full Face Spartan RS 2022

"Kami belum teliti advance angle dan fuel adjustment, intercooler belum terpasang, dan boost pressure-nya di 0,4. Saya bekerja dengan seorang penasihat yang memiliki pengetahuan tentang roda empat, tetapi ketika saya melanjutkan dengan penyetelan, masalah akan terjadi secara alami. Saya akan mencoba sampai rusak karena dalam proses pengujian," jelas Ryuji.

Sekadar tambahan informasi, Kawasaki Ninja ZX-25R standar dibekali mesin 249,8 cc, 4-Tak, 4-silinder segaris, DOHC, 16-katup, serta pendingin cairan. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 49,9 PS pada 15.500 rpm dan torsi 22,9 Nm pada 14.500 rpm. Sementara itu jika ram air bekerja, tenaga yang dihasilkan mencapai 51 PS.

Kawasaki Ninja ZX-25R 2020

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id